Duta Besar Palestina Hadiri Natal GAMKI di Sumatera Barat

Senin, 10 Januari 2022 - 02:35 WIB
loading...
Duta Besar Palestina Hadiri Natal GAMKI di Sumatera Barat
Duta Besar Palestina untuk Indonesia Zuhair Al-Shun melakukan kunjungan Sumatara Barat. Dalam kunjungannya Zuhair melaksanakan ibadah salat di Masjid Raya Sumatera Barat. Foto: Ist
A A A
JAKARTA - Duta Besar Palestina untuk Indonesia Zuhair Al-Shun melakukan kunjungan Sumatara Barat. Dalam kunjungannya Zuhair melaksanakan ibadah salat di Masjid Raya Sumatera Barat yang beberapa waktu lalu memenangkan penghargaan Abdullatif Al Fozan Award (AFAMA).

Kedatangan Dubes Palestina ke Kota Padang Sumatera Barat dalam rangka menghadiri undangan kegiatan Natal Nasional Pemuda Indonesia yang dilaksanakan oleh Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI).

"Dubes Palestina Zuhair Al-Shun mengagumi arsitektur Masjid Raya. Selama lima tahun bertugas di Indonesia, ini pertama kalinya Dubes berkunjung ke Kota Padang. Inisiatif GAMKI mengundang beliau bertujuan untuk memperkuat semangat persaudaraan dan toleransi di antara masyarakat lintas agama serta sebagai bentuk solidaritas kita terhadap perjuangan rakyat Palestina," kata Ronny B Talapessy, Wakil Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat GAMKI dalam keterangan resminya, Minggu (9/1/2022).

Kegiatan Dubes Palestina dan GAMKI di Kota Padang dilanjutkan dengan kunjungan ke Universitas Negeri Andalas yang disambut baik oleh Wakil Rektor dan jajaran. Dalam pertemuan tersebut dibahas peluang kerja sama pendidikan antara Universitas Negeri Andalas dan Pemerintah Palestina.

Dubes Palestina mengungkapkan bahwa dirinya sudah mengajukan kerja sama dengan beberapa kampus lainnya di Indonesia. Ia berharap agar pemuda Palestina juga dapat diberikan kesempatan berkuliah di Universitas Andalas, khususnya Fakultas Kedokteran, Kesehatan, dan Teknik.

Menurut Ronny, Dubes menyampaikan bahwa pemuda Palestina rindu untuk belajar dan ia berharap agar pemuda Palestina yang berkuliah di luar negeri dapat kembali untuk membangun Palestina.

“Kemarin dalam pertemuan dengan Universitas Andalas, Dubes mengucapkan terima kasih kepada DPP GAMKI yang telah memfasilitasi terjalinnya komunikasi dan pertemuan dengan pihak Universitas. Dubes juga menyampaikan terimakasih kepada Universitas Andalas yang merespon positif ajakan kerjasama Kedubes Palestina," jelas Ronny yang juga merupakan Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan DKI Jakarta.

Ronny menyampaikan, Wakil Rektor Universitas Andalas menyambut positif kehadiran Dubes Palestina dan GAMKI. Wakil Rektor mengungkapkan bahwa Universitas Andalas sudah menjalin kerja sama kelas internasional dan menyediakan beasiswa. Terdapat banyak mahasiswa dari Asia Tenggara, Korea, Jepang, dan negara lainnya yang berkuliah di Universitas Andalas.

“Kami akan membahas hasil pertemuan ini secara internal, sehingga kita berharap dapat melakukan MoU dalam waktu dekat. Kami berharap Universitas Andalas menjadi bagian dari pembangunan Palestina," ungkapnya.

Selain pertemuan dengan Universitas Andalas, GAMKI juga mempertemukan Dubes Palestina dengan Walikota Padang Hendri Septa dan Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah. Dalam pertemuan yang dilakukan terpisah antara GAMKI, Dubes Palestina, Walikota Padang, dan Gubernur Sumbar, dibahas rencana kerja sama yang lebih lanjut di bidang pendidikan, IT, dan lainnya.

"GAMKI berharap komunikasi yang terjalin antara Dubes Palestina dengan pihak Universitas Andalas, Walikota Padang, dan Gubernur Sumbar dapat ditindaklanjuti dengan kerjasama yang lebih kongkrit dan berkesinambungan. Seperti yang dikatakan Bung Karno, kemerdekaan rakyat Palestina adalah juga perjuangan dari rakyat Indonesia," tutup Ronny.

Turut mendampingi Duta Besar Palestina, Sekretaris Umum DPP GAMKI Sahat MP Sinurat, Ketua DPD GAMKI Sumatera Barat Yonathan Sirait, Ketua DPC GAMKI Padang Chandra Waruwu, Wakil Ketua DPD GAMKI Riau Manuhar Silaen, Ketua Panitia Natal Nasional Raja Pinem, Pengurus Pusat GMKI Hermanto Sinaga, dan para fungsionaris lainnya.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2231 seconds (0.1#10.140)