Erick Thohir Inisiasi RS Internasional Bali, Pakar: Bisa Saingi Singapura dan China

Rabu, 05 Januari 2022 - 21:55 WIB
loading...
Erick Thohir Inisiasi RS Internasional Bali, Pakar: Bisa Saingi Singapura dan China
RS Internasional Bali yang diinisiasi Meneg BUMN Erick Thohir memiliki banyak keunggulan dan dipastikan bakal menyaingi negara-negara tetangga. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Direktur Eksekutif CORE Mohammad Faisal menilai Kawasan Ekonomi Khusus Kesehatan (KEKK) di Bali gagasan Menteri BUMN Erick Thohir tidak akan kalah dari negara tetangga seperti Malaysia, Singapura, Cina dan Thailand. Menurutnya, banyak faktor yang membuat KEKK di Bali mengungguli milik negara tetangga.

"Saya rasa kita punya banyak keunggulan dan modalnya banyak untuk bersaing dengan negara tetangga kita," tutur Faisal Rabu (5/1/2022).

RS Internasional Bali memiliki keunggulan dari tenaga medis yang kompeten dengan dukungan kerja sama Mayo Clinic Amerika Serikat, layanan kesehatan juga bisa semakin sempurna dengan dukungan keindahan Bali yang bisa menjadi terapi alam. Menurut Faisal, tenaga medis Indonesia sangat memegang erat budaya ketimuran yang mengutamakan sopan santun dan pelayanan kepada pasien sehingga, tenaga medis yang dimiliki oleh Indonesia lebih baik dari negara-negara lain.



"SDM kita dari perawatnya terkenal lebih bagus dibandingkan dengan negara lain, ini salah satu modal kita untuk bersaing dengan negara lain," kata dia.

Tak hanya itu, dari sisi pengupahan tenaga medis atau pekerja juga dinilai tidak memberatkan anggaran. Jadi, penganggaran dana dapat dialihkan untuk memperkaya fasilitas KEKK yang berstandar internasional. Apalagi, Indonesia juga menggandeng Mayo Clinic dari Amerika yang sudah tidak diragukan lagi kualitas pelayanan kesehatannya di tingkat internasional.



Oleh karenanya, Faisal menegaskan KEKK Bali yang digagas Erick Thohir memiliki modal besar untuk mengungguli negara tetangga dalam hal pelayanan kesehatan dan diintegrasikan dengan pariwisata bertaraf internasional. "Modal kita besar, semestinya kita bisa bersaing dengan negara-negara lain dan kita bisa mengambil keuntungan dari situ," ucapnya.

Sebagaimana diketahui, KEKK Bali adalah strategi peningkatan perekonomian Indonesia yang digagas oleh Erick Thohir. Dalam kawasan ini, nantinya dibangun RS Internasional Bali yang dilengkapi dengan laboratorium penelitian kesehatan dan terintegrasi keelokan pariwisata. KEKK gagasan Erick ini juga menjadi pionir wisata kesehatan di Indonesia dan memiliki tujuan untuk meningkatkan daya saing Indonesia di dunia internasional serta meningkatkan sektor pelayanan kesehatan.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2250 seconds (0.1#10.140)