Penjelasan BMKG soal Pulau Jawa Terasa Panas Padahal Tengah Musim Hujan

Rabu, 05 Januari 2022 - 15:37 WIB
loading...
Penjelasan BMKG soal Pulau Jawa Terasa Panas Padahal Tengah Musim Hujan
Beberapa hari terakhir, suhu udara khususnya di wilayah Pulau Jawa terasa panas meskipun telah memasuki musim penghujan. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Beberapa hari terakhir, suhu udara khususnya di wilayah Pulau Jawa terasa panas meskipun telah memasuki musim penghujan. Lalu apa penyebabnya?

Baca Juga: BMKG
Baca Juga: BMKG


"Menyebabkan uap air ke BBS (Belahan Bumi Selatan) atau tepatnya ke pulau Jawa relatif lebih sedikit atau berkurang dari biasanya," tulis BMKG dalam akun media sosial resminya, Rabu (5/1/2022).

Selain itu kata BMKG, jika dilihat dari kelembaban udara lapisan 700mb, terpantau RH yang cukup kering di wilayah Jawa terutamanya di Jawa Barat bagian selatan, Jawa Tengah, dan sebagian Jawa Timur yang menyebabkan asupan untuk pembentukan awan-awan hujan menjadi berkurang.

Meski begitu, BMKG mengingatkan kepada masyarakat agar tetap waspada peningkatan intensitas curah hujan antara tanggal 9-13 Januari mendatang.

"Namun masih perlu diwaspadai dalam beberapa hari ke depan yakni antara tanggal 9-13 Januari 2022 diprakirakan Pulau Jawa akan kembali mengalami peningkatan intensitas curah hujan," ucap BMKG.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1511 seconds (0.1#10.140)