Intan Fauzi Ingatkan Pentingnya Optimalisasi CSR BUMN untuk Pemberdayaan Masyarakat

Kamis, 30 Desember 2021 - 22:05 WIB
loading...
Intan Fauzi Ingatkan Pentingnya Optimalisasi CSR BUMN untuk Pemberdayaan Masyarakat
Anggota Komisi VI DPR RI Intan Fauzi menegaskan pentingnya peran CSR BUMN dalam pemberdayaan masyarakat. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Anggota Komisi VI DPR RI Intan Fauzi menegaskan pentingnya peran Corporate Social Responsibility (CSR) atau Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) BUMN dalam pemberdayaan masyarakat. Terlebih di masa pandemi Covid-19 ini, berbagai sektor kemasyarakatan turut terdampak.

"CSR adalah bentuk tanggung jawab sosial BUMN. Selain fungsinya sebagai perusahaan yang berkomitmen meningkatkan nilai ekonomi, BUMN juga memiliki fungsi sosial serta berkontribusi terhadap lingkungan dan sosial kemasyarakatan. Hadirnya CSR BUMN merupakan komitmen perusahaan pelat merah dalam pemberdayaan dan peningkatan kesejahteraan komunitas lingkungan dan masyarakat secara lebih luas,” kata Intan saat sosialisasi peran penting CSR BUMN bagi masyarakat, di Kelurahan Grogol, Kecamatan Limo, Kota Depok Kamis (30/12/2021).



Menurut Intan, CSR BUMN bisa didapatkan dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. "Dasar hukum perusahaan melakukan CSR jelas, yakni Peraturan Menteri BUMN RI Nomor PER-05/MBU/04/2021 tentang Program TJSL BUMN, yang mengatur penyaluran CSR harus terintegrasi, berdasarkan analisa risiko dan proses bisnis yang memiliki keterkaitan dengan pemangku kepentingan. Juga harus terarah dan terukur dampaknya, yaitu memiliki kontribusi dan memberikan manfaat dan nilai tambah bagi perusahaan. Program sosial lingkungan ini tentunya harus akuntabel artinya dapat dipertanggungjawabkan," ucapnya.



Ketua Umum Perempuan Amanat Nasional (PUAN) ini juga meminta CSR BUMN lebih banyak lagi dialokasikan untuk membina usaha mikro menengah agar lebih mandiri dan memperluas lapangan kerja. "Disamping itu pembangunan yang berkelanjutan dengan memberikan manfaat pada ekonomi, sosial, lingkungan serta hukum juga harus tetap diperhatikan," ucapnya.

Terakhir, Intan berharap banyaknya program CSR yang diberikan oleh BUMN dapat meningkatkan kapasitas sumber daya manusia, kesejahteraan masyarakat sekitar, serta kelestarian lingkungan hidup baik itu fisik maupun sosial dan budaya di sekitar perusahaan. "Selain tugas utamanya untuk memulihkan ekonomi, melalui program CSR BUMN, diharapkan dapat dioptimalkan untuk membantu masyarakat khususnya disaat semua serba sulit akibat pandemi Covid 19 ini," kata Intan.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2775 seconds (0.1#10.140)