Lagi, Hasil Survei Menyatakan Ganjar Pranowo Lebih Dipilih Ketimbang Puan Maharani

Selasa, 28 Desember 2021 - 16:41 WIB
loading...
Lagi, Hasil Survei Menyatakan Ganjar Pranowo Lebih Dipilih Ketimbang Puan Maharani
Direktur Eksekutif SMRC Sirojuddin Abbas mengatakan, hasil survei SMRC menyebut Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo lebih dipilih ketimbang Puan Maharani sebagai capres 2024. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Survei SMRC melakukan simulasi terhadap lima tokoh yang berpotensi maju pada Pilpres 2024 mendatang. Simulasi ini untuk mengukur dukungan kepada para calon presiden (capres) menurut massa pemilih partai politik.

Direktur Eksekutif SMRC, Sirojuddin Abbas menjelaskan dari kelima tokoh yang masuk simulasi terdapat dua tokoh PDI Perjuangan (PDIP) yang turut diukur yakni Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Ketua DPR RI Puan Maharani. Selebihnya, Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dan Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto.



Menariknya, dari temuan ini ternyata basis pemilih PDI-Perjuangan justru memilih Ganjar Pranowo dibanding Puan Maharani yang notabene puteri dari Ketua Umumnya Megawati Soekarnoputri. "Sebesar 46% pemilih PDIP beririsan dengan pemilih Ganjar Pranowo, dan hanya 10% yang beririsan dengan Puan Maharani," kata Sirojuddin dalam paparannya secara daring, Selasa (28/12/2021).



Untuk diketahui, hasil ini bukan hanya terpotret oleh lembaga SMRC. Sebelumnya, Lembaga Politika Research and Consluting (PRC) juga menemukan hal yang sama. Dalam data hasil survei yang dipaparkan, Puan Maharani hanya didukung sebesar 4% oleh responden yang telah mendukung PDI-Perjuangan di pemilu sebelumnya.

Direktur Eksekutif PRC, Rio Prayogo menyatakan angka ini sangat jauh dibandingkan tingkat keterpilihan responden terhadap Ganjar Pranowo. "Setidaknya responden yang terafiliasi dengan atau yang sudah memilih PDIP di pemilu sebelumnya, 51% memberikan suaranya kepada Ganjar Pranowo," ujarnya.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3178 seconds (0.1#10.140)