Survei: Elektabilitas Ganjar Pranowo Salip Prabowo Subianto

Senin, 27 Desember 2021 - 11:43 WIB
loading...
Survei: Elektabilitas Ganjar Pranowo Salip Prabowo Subianto
Hasil survei PRC terbaru menunjukkan, elektabilitas Ganjar Pranowo mencapai 25,0%, sementara Prabowo Subianto 22,9%. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Lembaga Politika Research and Consulting (PRC) kembali mengeluarkan temuan survei terbarunya terkait dengan dinamika elektoral menjelang kontestasi Pemilihan Presiden ( Pilpres) 2024 . Hasilnya, elektabilitas Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menduduki peringkat teratas.

Direktur Eskekutif PRC, Rio Prayogo menyampaikan bahwa temuan tersebut didapatkan dari simulasi terhadap 15 orang nama yang berpotensi menjadi capres. Dari simulasi tersebut, elektabilitas Ganjar Pranowo ternyata mampu menyalip Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

"Ganjar Pranowo sudah mendahului peringkat Prabowo Subianto yang selama ini ada di rentang margin of error. Ganjar harus diakui tidak hanya di dalam survei kami, di dalam survei-survei lembaga lain juga menyatakan Ganjar paling dianggap layak untuk dijadikan Capres pasca Jokowi," kata Rio dalam paparannya secara daring, Senin (27/12/2021).

Baca juga: Sobat Jarwo Banten Deklarasi Dukung Ganjar Pranowo Capres 2024

Dalam hasil yang dipaparkan PRC, elektabilitas Ganjar mencapai 25,0%. Sementara, elektabilitas Prabowo Subianto sebesar 22,9%.

Terpaut jauh dari kedua tokoh tersebut, berada di peringkat ketiga adalah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan elektabilitas 12,4%, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno 9,4%, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil 5,8%, dan Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) 5,2%.

Selanjutnya, muncul nama mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo dengan elektabilitas 1,9%, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa 1,6%, Menteri Sosial Tri Rismaharini 1,4%, dan Ketua DPR RI Puan Maharani 1,1%. Lebih dari itu, elektabilitas dari tokoh yang masuk masih berada di bawah 1%.

Survei ini dilakukan pada 12 November-4 Desember 2021, dengan jumlah responden sebanyak 1.600 orang. Adapun, survei sendiri dilakukan dengan cara tatap muka (face to face).

Baca juga: Survei Capres 2024: Prabowo dan Ganjar Saling Salip, Disusul Anies

Pengambilan sampel dilakukan dengan metode multistage random sampling, dengan margin of error sebesar 2,5% dan tingkat kepercayaan sebesar 95%.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0893 seconds (0.1#10.140)