Deretan Pelawak Terjun ke Politik: Denny Cagur Pilih PAN, Narji Mantap Berseragam PKS

Senin, 20 Desember 2021 - 14:56 WIB
loading...
Deretan Pelawak Terjun ke Politik: Denny Cagur Pilih PAN, Narji Mantap Berseragam PKS
Dedi Gumelar, Eko Patrio, Denny Cagur, dan Narji. Foto/Dok SINDOnews dan Tangkapan layar Instagram
A A A
JAKARTA - Dunia politik memiliki daya tarik tersendiri bagi banyak kalangan, tak terkecuali para pelawak atau komedian. Masuknya Narji menjadi anggota Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menambah deretan pelawak atau komedian yang terjun ke dunia politik.

Ya. Sederet pelawak pernah dan masih berkiprah di dunia politik. Di antara mereka ada yang sudah menjadi anggota DPR selama beberapa periode, bertarung di pilkada, hingga baru bergabung ke parpol.

Siapa saja para pelawak yang terjun ke dunia politik? Berikut ini di antaranya:

1. Eko Patrio
Deretan Pelawak Terjun ke Politik: Denny Cagur Pilih PAN, Narji Mantap Berseragam PKS

Eko Patrio. Foto/Dok SINDOnews


Eko Hendro Purnomo atau lebih dikenal dengan sebutan Eko Patrio lahir 30 Desember 1970. Dia dikenal sebagai satu dari tiga anggota grup komedi Indonesia, Patrio. Dua rekannya di grup tersebut adalah Parto dan Akri.

Pada tahun 2009 melalui Partai Amanat Nasional (PAN), Eko menjadi caleg nomor urut 1di Daerah Pemilihan Jawa Timur VIII, yang mencakup Kabupaten Nganjuk, daerah kelahiran orang tuanya. Kemudian, pada Pemilu 2014, Eko maju sebagai calon legislatif DPR Dapil Jawa Timur VIII. Dia pun lolos ke Senayan dan menjadi anggota DPR periode 2014-2019.



Eko kembali terpilih menjadi anggota DPR RI pada Pemilu 2019 dari Daerah Pemilihan DKI Jakarta I. Tak cuma di DPR RI, Eko kini juga menjadi Ketua DPW PAN DKI Jakarta.

2. Nurul Qomar
Nurul Qomar atau yang lebih dikenal dengan nama panggung Komar atau Qomar, adalah pemeran dan pelawak Indonesia berdarah Sunda. Dia adalah salah satu anggota grup lawak Empat Sekawan.

Pria kelahiran 11 Maret 1960 ini terjun ke politik melalui Partai Demokrat. Dia tercatat menjadi anggota DPR sejak 2004-2009 dan 2009-2014. Pada Pemilu 2019, dia kembali mencoba maju ke Senayan, tetapi gagal. Qomar juga pernah berkontestasi dalam Pilkada Bupati Cirebon. Namun, dia kalah dari lawannya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1453 seconds (0.1#10.140)