Gelar Akselerasi Vaksinasi Serentak se-Indonesia, Kapolri Optimistis Target 70% Terwujud

Rabu, 15 Desember 2021 - 18:39 WIB
loading...
Gelar Akselerasi Vaksinasi Serentak se-Indonesia, Kapolri Optimistis Target 70% Terwujud
Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo meninjau kegiatan vaksinasi massal yang digelar di seluruh Indonesia atau 34 polda jajaran. Foto/MNC Media
A A A
KONAWE - Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabow o meninjau kegiatan vaksinasi massal yang digelar di seluruh Indonesia atau 34 polda jajaran. Dalam kesempatan ini, Sigit mengecek langsung di Lapangan Sorumba, Kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara (Sultra), Rabu (15/12/2021).

Sigit mengatakan kegiatan ini merupakan wujud dari akselerasi percepatan vaksinasi Covid-19 dalam rangka mencapai target 70% guna terbentuknya kekebalan komunal, sebagaimana harapan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Kita harapkan dalam kurun waktu kedepan sampai dengan minggu terakhir, kita betul-betul, bisa mencapai target 70%. Sebagaimana menjadi target Pak Presiden, agar betul-betul terbentuk kekebalan komunitas yang diharapkan," ujar Sigit dalam tinjauannya.

Mantan Kapolda Banten itu merasa bersyukur lantaran mendapatkan laporan dari Kapolda Sultra bahwa ada peningkatan capaian akselerasi vaksinasi 49%. Tren positif itu, kata Sigit harus dipertahankan dan ditingkatkan ke depannya.

"Sehingga kemudian target kekurangan untuk mencapai 70% ini betul-betul bisa kita kejar. Harapan kita, bisa pertahankan terkait kemampuan kita untuk mengendalikan laju Covid-19 di angka yang sudah sangat bagus, positivity rate di bawah 1, angka kematian dan BOR kita berada di posisi yang sangat baik," jelas Sigit.

Menurut eks Kabareskrim Polri tersebut, akselerasi vaksinasi dalam rangka pencapaian target kekebalan komunal menjadi sangat penting dalam hal pengendalian pandemi Covid-19.

Tak hanya itu, Sigit menyatakan bahwa pencapaian kekebalan komunal tersebut juga merupakan salah satu upaya dalam rangka menangkal segala jenis varian baru Covid-19 salah satunya adalah Omicron.

"Ini sangat penting karena kita tahu saat ini muncul varian baru kurang lebih 72 negara saat ini sudah terjangkit varian baru Omicron. Sehingga mau tidak mau, salah satu yang harus kita lakukan adalah bagaimana akselerasi vaksinasi khususnya terhadap masyarakat yang belum sempat vaksin mungkin karena takut atau karena hoaks atau karena aktivitasnya atau karena hal lain," papar Sigit.

Oleh sebab itu, Sigit menegaskan untuk mencapai target 70% dan menangkal varian baru Covid-19 harus mengedepankan kerja sama atau sinergitas antar seluruh pihak.

"Sehingga mau tidak mau ini perlu kerja sama, sinergitas yang sangat kuat antara pemda baik tingkat provinsi, kabupaten, dan TNI-Polri dan seluruh masyarakat. Termasuk relawan," ucap Sigit.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1669 seconds (0.1#10.140)