Rapimpurnas Ditutup, Wantimpres Dukung Penuh Penyatuan KNPI

Senin, 13 Desember 2021 - 23:43 WIB
loading...
Rapimpurnas Ditutup, Wantimpres Dukung Penuh Penyatuan KNPI
Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Sidarto Danusubroto mendukung penuh upaya penyatuan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) yang terpecah. Foto/SINDOnews
A A A
MALANG - Para pemuda yang tergabung dalam Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) merupakan kaum nasionalis yang sangat menghargai berbagai perbedaan. Pemuda yang memiliki wawasan kebangsaan akan menanggalkan seluruh identitas yang selama ini melekat kepadanya.

Karena dalam paham kebangsaan, tidak dikenal perbedaan antara kelompok mayoritas dan minoritas juga tidak ada perbedaan ras, agama, suku, budaya, dan sebagainya yang bersifat primordial. Maka dari itu, Forum Rapat Pimpinan Paripurna Nasional (Rapimpurnas) hari ini adalah wadah bagi KNPI merumuskan berbagai kebijakan dan rencana strategis serta menjadi titik awal bagi semua pihak untuk memandang ke depan, jangan lagi menoleh ke belakang.

Pernyataan tersebut disampaikan Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Sidarto Danusubroto saat memberikan sambutan di acara Rapat Pimpinan Paripurna Nasional (Rapimpurnas) DPP KNPI 2021 di Kabupaten Malang, Senin (13/12/2021) malam.

"Kami mendukung sepenuhnya upaya penyatuan KNPI ini. Saya selaku Wantimpres mengapresiasi Rapimpurnas. Ini sebuah langkah maju untuk organisasi KNPI," jelas Sidarto.

Dia menegaskan, DPP, DPD, maupun Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP) harus bersatu dalam semangat kekeluargaan membangun KNPI menjadi organisasi yang solid, kuat, dan kokoh. "Jika KNPI bersatu, maka Pemuda akan menjadi kuat," ucapnya.

Sidarto berharap materi yang dibahas dalam Rapimpurnas dan rekomendasi yang dihasilkan kiranya dapat diterapkan dan dijalankan dengan penuh kedisiplinan. Dia berpesan kalau rapimpurnas ini dapat dikatakan berhasil jika roda organisasi ke depan menunjukkan kinerja yang baik, dapat merangkul seluruh anggota.

"Tanpa membedakan latar belakang sosial, ekonomi, budaya, agama, asal-usul maupun keyakinan atau orientasi politik seseorang. Karena yang terpenting adalah memiliki visi yang jelas untuk melakukan pembangunan bagi kepentingan organisasi, bangsa, dan negara," paparnya.

Senada, Ketua Umum DPP KNPI Noer Fajrieansyah optimis bahwa penyatuan organisasi KNPI segera terealisasi. Terlebih dengan kehadiran Sidarto.

Menurut Fajrie, ada banyak wejangan yang disampaikan mantan Ajudan Presiden Seokarno tersebut. Salah satunya ihwal pentingnya persatuan organisasi dalam hal ini KNPI.

"Dari beliau kami banyak belajar. Bahwa ketika satu organisasi ingin eksis maka prinsip utama yang dipegang adalah integritas," jelasnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1678 seconds (0.1#10.140)