Perempuan Bangsa Berikan Trauma Healing Pengungsi Erupsi Semeru

Senin, 13 Desember 2021 - 16:02 WIB
loading...
Perempuan Bangsa Berikan Trauma Healing Pengungsi Erupsi Semeru
Perempuan Bangsa memberika trauma healing bagi pengungsi anak-anak di Pondok Pesantren Ulul Albab di Kecamatan Candipuro, Lumajang, Jawa Timur. FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Gunung Semeru yang meletus pada 4 Desember 2021 menyisakan trauma bagi para korban. Karena itu, Perempuan Bangsa memberikan trauma healing bagi pengungsi anak-anak di Pondok Pesantren Ulul Albab di Kecamatan Candipuro, Lumajang, Jawa Timur. Tim trauma healing didatangkan dari Universitas Negeri Malang (UNM).

Ketua Dewan Pembina Perempuan Bangsa Rustini Muhaimin Iskandar dan Ketua Umum DPP Perempuan Bangsa Siti Mukaromah ikut dalam kegiatan trauma healing. Keduanya bersama jajaran pengurus
bermain bersama pengungsi dengan bernyanyi, salawat, mewarnai bersama yang membuat para pengungsi anak-anak ini tertawa.

"Kita mampu melewati ujian ini, sebab Tuhan tidak akan memberikan ujian dan cobaan melebihi dari kesanggupan hamba-Nya," kata Rustini memberikan semangat kepada anak-anak di Pengungsian sebelum bersalawat bersama, Jumat (10/12/2021).

Baca juga: Anak-anak Pengungsi Gunung Semeru Perlu Pendampingan Khusus

Siti Mukaromah menjelaskan Perempuan Bangsa concern terhadap korban bencana alam, terutama anak-anak, perempuan, dan lansia. Trauma healing merupakan konsep pemberian bantuan yang lebih pada mengatasi dampak psikososial.

"Dampak secara nonfisik ini tidak terlihat, efek psikologis yang ditinggalkan pada saat menghadapi situasi menyelamatkan diri dari bencana yang terjadi. Bagaimana menyelamatkan diri, bagaimana berusaha tetap hidup," kata Anggota Komisi VI DPR RI ini.

Sebelum ke lokasi pengungsian, rombongan diterima Bupati Lumajang Thoriqul Haq di Pendopo Kabupaten. Bupati menyambut baik bantuan yang diberikan Perempuan Bangsa kepada masyarakat Lumajang.

Selain memberikan bantuan psikososial di pengungsian, Perempuan Bangsa juga menjenguk dan memberikan bantuan kepada korban Semeru yang masih berada di Rumah Sakit Haryoto Lumajang. Rombongan juga berbincang memberikan semangat dan keyakinan sembuh kepada korban maupun keluarga korban yang sebagian bahkan telah kehilangan anggota keluarganya.

Baca juga: Potensi Guguran Awan Panas Semeru Masih Ada dengan Jarak Lebih Pendek

Turut dalam rombongan, Pengurus DPP Perempuan Bangsa Musfarinah Thoriq, Ketua DPW Perempuan Bangsa Jawa Timur Hikmah Bafaqih, dan Anggota DPRD Provinsi Jatim Umi Zahrok.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1858 seconds (0.1#10.140)