Firli Lapor Jokowi: Hasil Survei Integritas Pejabat Sungguh Membanggakan

Kamis, 09 Desember 2021 - 13:42 WIB
loading...
Firli Lapor Jokowi: Hasil Survei Integritas Pejabat Sungguh Membanggakan
Ketua KPK Firli Bahuri menyatakan hasil survei integritas pejabat negara cukup membanggakan. Foto: MNC/Ariedwi Satrio
A A A
JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) secara berkala melakukan survei penilaian integritas para pejabat negara di Indonesia. Hasil survei tersebut dilaporkan Ketua KPK Firli Bahuri kepada Presiden Jokowi .

"Kami laporkan kepada bapak presiden, serta seluruh anak bangsa di manapun berada dan bertugas. KPK mengembangkan salah satu kita kenal dengan survei penilaian integritas," ungkap Firli saat memberikan sambutan di acara puncak peringatan Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) di Gedung Merah Putih, Jakarta Selatan, Kamis (9/12/2021).



Menurut Firli, survei tersebut bertujuan mengukur integritas kementerian, lembaga, pemerintah daerah, pemerintah provinsi kabupaten kota, dan juga semua lembaga non kepemerintahan. Hasilnya, integritas pejabat negara di atas rata-rata nasional yang sebesar 72,43.

"Dari survei yang kita lakukan, sebanyak 250.000 responden yang kita lakukan survei, hasilnya sungguh cukup membanggakan karena angka rata-rata nasional kita mencapai 72,43. Angka ini di atas dari target yang direncanakan dalam rencana pembangunan jangka menengah nasional," bebernya.



Firli merinci, kementerian dan lembaga yang memperoleh penilaian integritas tertinggi adalah Bappenas dengan angka 86,71. Sedangkan kategori enam kementerian daerah diraih oleh Bank Indonesia dengan nilai 89,69.

Kemudian, untuk kategori pemerintah tertinggi adalah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta 82.81. Selanjutnya, kategori pemerintahan kabupaten diraih oleh Kabupaten Boyolali dengan nilai 91,72 dan ini sekaligus tertinggi angka nasional.

"Kami mengucapkan selamat, tetapi tetaplah kita tidak puas berhenti berkarya untuk bangsa untuk memberantas korupsi. kami akan launching peluncuran survei integritas pada tanggal 16 Desember 2021 yang akan datang," pungkasnya.
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1255 seconds (0.1#10.140)