Di Lokasi Terdampak Erupsi Semeru, Jokowi Sampaikan Dukacita

Selasa, 07 Desember 2021 - 13:49 WIB
loading...
Di Lokasi Terdampak Erupsi Semeru, Jokowi Sampaikan Dukacita
Presiden Jokowi dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono meninjau Jalan Penghubung Lumajang Malang yang tertimbun lahar dingin erupsi Gunung Semeru Gladak Perak dan Desa Sumber Wulung, Kec. Jatipuro, Lumajang, Jawa Timur (7/12/2021). Foto/Setpres/Agus Suparto
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) menyampaikan dukacita mendalam atas musibah erupsi Gunung Semeru . Hal itu disampaikannya saat meninjau lokasi terdampak erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur, Selasa (7/12/2021).

"Atas nama pemerintah dan seluruh rakyat Indonesia saya menyampaikan dukacita yang mendalam atas meninggalnya korban akibat letusan gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur," ujar Jokowi dikutip dari kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Dia menjelaskan kehadirannya di lokasi itu guna memastikan penanganan tanggap darurat berjalan dengan baik. "Saya datang ke lokasi untuk memastikan bahwa seluruh kekuatan yang kita miliki sudah berada di lapangan untuk pencarian korban yang masih ada, kemudian juga evakuasi, juga ini kita lihat untuk rencana perbaikan infrastruktur yang rusak akibat letusan Gunung Semeru ini," katanya.

Baca juga: Jokowi Sebut 2 Ribu Rumah Harus Direlokasi Akibat Erupsi Gunung Semeru

Di sana, Jokowi meninjau infrastruktur hingga titik-titik pengungsian warga. Selain menemui pengungsi, dia juga melihat dapur umum, meninjau posko pelayanan kesehatan, bertemu anak-anak, dan menyerahkan santunan kepada ahli waris korban meninggal.

Sejumlah jajaran kabinet ikut mendampingi, di antaranya Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy, Menteri PU dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimulyono, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto.

Kemudian, hadir juga Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BNPP)/Kepala Basarnas Marsekal Madya Henri Alfiandi, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, dan Bupati Lumajang Thoriqul Haq.
(rca)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2057 seconds (11.252#12.26)