Gelar Lomba Cipta Lagu Batak, Anggota Komisi V DPR Sukur Nababan Sabet Rekor MURI

Senin, 06 Desember 2021 - 20:31 WIB
loading...
Gelar Lomba Cipta Lagu Batak, Anggota Komisi V DPR Sukur Nababan Sabet Rekor MURI
Anggota Komisi V DPR RI Sukur H Nababan menerima penghargaan Rekor Dunia dari MURI. Penghargaan itu diberikan atas prakarsa membuat Lomba Cipta Lagu Batak dengan peserta terbanyak di dunia. FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Anggota Komisi V DPR RI Sukur H Nababan menerima penghargaan Rekor Dunia dari Museum Rekor Dunia Indonesia ( MURI ). Penghargaan itu diberikan untuk Sukur atas prakarsanya membuat Lomba Cipta Lagu Batak dengan peserta terbanyak di dunia.

Penghargaan diberikan langsung Ketua Umum MURI, Jaya Suprana kepada Sukur H Nababan yang juga Ketua DPP PDI Perjuangan ini.

"Dengan ini MURI menyatakan dan mengukuhkan bahwa Lomba Cipta Lagu Batak 2021 sebagai rekor dunia, bukan hanya rekor Indonesia, tapi dunia karena belum pernah ada lomba cipta lagu batak dengan peserta terbanyak di negara lain, hanya di Indonesia. Rekor ini diberikan kepada pemrakarsanya Sukur H Nababan," kata Jaya Suprana dalam sambutannya secara virtual di acara penyerahan Rekor Muri kepada Sukur H Nababan, Senin (6/12/2021) malam.

Baca juga: Lulus Ujian Karate Sabuk Hitam dengan Peserta Terbanyak, Kodam Kasuari Pecahkan Rekor Muri

Jaya Suprana yang akrab disapa Kang Jaya ini mengatakan, Batak dan menyanyi adalah dua kata yang sinkron dan menyatu. "Bersyukur saudara saya dari Batak mendapat anugerah kemahiran bisa menyanyi, didukung dengan filosofi kehidupan orang Batak dalam prosesi dari kelahiraan sampai dengan tutup usia diisi dengan nyanyi, baik nyanyian suka maupun duka," kata Kang Jaya.

Menurutnya, Lomba Cipta Lagu Batak 2021 diikuti oleh 368 pencipta lagu dengan 625 lagu yang masuk ke panitia. Dari jumlah tersebut, ada 103 karya lagu menjadi finalis untuk maju ke Grand Final.

Grand final akan dilaksanakan 4 hari berturut turut dari 6, 7, 8, 9 Desember 2021 setiap pukul 19.00 WIB secara Livestreaming di Chanel Youtube Thebataksband, Instagram Thebataksband maupun Facebook TheBataksBand. Seluruh lagu yang maju ke grand final diarasemen oleh The Bataks Band yang juga memperoleh MURI mengarasement 103 lagu dengan kualitas dan waktu yang terbatas.

The Bataks Band adalah Group Band anak anak muda bertalenta yang di bentuk dan dibina oleh Sukur H Nababan.

Baca juga: Tanpa Canggung, DJ Ini Bangga Tampil dengan Alat Musik Khas Batak

Lomba Cipta Lagu Batak 2021 juga didukung oleh 42 artis artis Batak papan atas. Mereka menyanyikan seluruh lagu yang maju ke Grand Final, seperti Rita Butar Butar, Trio Ambisi, Amigos Band, Victor Hutabarat, dan lainnya. Seluruh artis yang tampil juga dianugerahi MURI.

"Kini tinggal menunggu keputusan dewan juri. Segera kita akan menikmati musik yang menyungguhkan nada-nada tinggi, dan andung-andung teknis pernapasan yang hebat," katanya.

Sementara itu, Sukur mengucapkan terima kasih atas rekor MURI yang diberikan kepadanya. "Ini adalah bagian dari kepedulian kami sebagai orang Batak untuk membumikan budaya. Semoga penghargaan ini bisa menjadi motivasi seluruh warga Batak untuk terus berbuat dan mengabdi," kata Sukur.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1705 seconds (0.1#10.140)