PBNU Siapkan Penginapan Standar Hotel untuk Perawat Pasien COVID-19

Rabu, 22 April 2020 - 21:56 WIB
loading...
PBNU Siapkan Penginapan Standar Hotel untuk Perawat Pasien COVID-19
Lembaga Pendidikan Ma’arif Nahdlatul Ulama (LP Maarif NU) menyediakan penginapan berstandar hotel untuk perawat pasien Corona. Foto/SINDOnews/abdul rochim
A A A
JAKARTA - Lembaga Pendidikan Ma’arif Nahdlatul Ulama (LP Ma'arif NU) Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menyiapkan penginapan berstandar hotel bagi perawat pasien Corona (COVID-19). (Baca juga: Pandemi Corona, KBRI Canberra Bagi-bagi Sembako untuk WNI di Aus

“Jika diperlukan pemerintah, kami menyediakan Ma’arif NU (MNU) Center untuk penginapan para perawat corona,” kata Ketua Maarif NU KH Arifin Junaidi kepada SINDOnews, Rabu (22/4/2020). (Baca juga: Peduli Dampak Covid, HMS Center Donasi Ribuan Masker dan Herbal)

Gedung MNU Center ini terletak di Jalan Murwardi Grogol, Jakarta Barat. Gedung ini bisa menampung 80 orang dengan fasilitas sangat baik. Arifin Junaidi berharap dengan adanya gedung ini, perawat pasien Covid-19 bisa nyaman dan aman sehingga semakin semangat dalam menjalankan tugasnya. “MNUC mampu menampung 80 orang dengan fasilitas hotel budget, bukan tempat diklat biasa. Setiap kamar ada kamar mandi, televisi dan fasilitas lain. Silakan dipakai jika dibutuhkan. Silakan diatur oleh Satgas COVID-19 atau yang berkaitan,” paparnya.

Menurut dia, gedung tersebut belum pernah digunakan dan baru diresmikan pada 11 Maret lalu oleh Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj. "Gedungnya masih baru dan sangat layak buat para perawat COVID-19. Jadi kalau Pemprov DKI Jakarta membutuhkan, silakan bisa menghubungi kami kapanpun,” sambungnya.

LP Ma’arif NU PBNU juga menyiapkan sekolah yang representatif untuk perawat di daerah. Di seluruh wilayah Indonesia, LP Ma'arif NU memiliki sekitar 21.000 sekolah dan madrasah. Kiai Arifin mengaku sangat prihatin terhadap pengusiran tenaga medis di daerah. Arifin juga meminta pemda setempat menghubungi jika memerlukan akomodasi untuk perawat atau tenaga medis.

“Di daerah kalau diperlukan juga kami menyediakan akomodasi untuk para perawat karena justru yang terjadi pengusiran terhadap perawat justru di daerah-daerah. Gedung sekolah dan madrasah Ma'arif yang representatif banyak sekali. Kalau diperlukan oleh pemerintah daerah kami sediakan untuk itu,” paparnya.

Selain itu, Ma’arif PBNU bersama LP Ma’arif NU PWNU di seluruh daerah akan melakukan penggalangan dana untuk para guru honorer. Menurutnya, guru honorer harus diperhatikan karena mereka juga ikut terdampak COVID-19. “Para guru honorer Ma’arif NU juga harus diperhatikan karena mereka juga terkena dampak COVID-19. Ma’arif PBNU bersama dengan Ma’arif di daerah akan melakukan penggalangan dana untuk guru honorer maarif,” pungkasnya.

Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj mengapresiasi langkah LP Ma'arif NU PBNU dan meminta kepada seluruh lembaga dan badan otonom di lingkungan NU untuk melakukan afirmasi mengatasi pandemi COVID-19.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1166 seconds (0.1#10.140)