Aksi Risma di Gunung Semeru: Turun Mobil, Ambil Batu dan Pasir Tutup Lubang Jalan

Senin, 06 Desember 2021 - 13:39 WIB
loading...
Aksi Risma di Gunung Semeru: Turun Mobil, Ambil Batu dan Pasir Tutup Lubang Jalan
Risma mengambil batu dan pasir proyek perbaikan jalan di sekitar wilayah terdampak letusan Gunung Semeru dan menutup lubangnya. Foto/ist
A A A
JAKARTA - Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini mengunjungi pengungsi korban erupsi Gunung Semeru di Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Minggu (5/12/2021). Risma sempat turun dari mobil mengambil batu dan pasir untuk menutupi lobang jalan di tengah hujan deras.

Ini dilakukan Risma seusai meninjau dapur umum Taruna Siaga Bencana (Tagana) di Kantor Desa Sumber Urip, Kecamatan Pronojiwo. Dari sana, Risma menuju Kecamatan Pasirian dan Kecamatan Candipuro, tepatnya di Desa Penanggal.

Di sepanjang perjalanan, beberapa kali iring-iringan kendaraan rombongan Risma berhenti untuk membagikan bantuan makanan kepada warga. Di tengah perjalanan, laju rombongan Risma sempat terhambat lantaran tumpukan material proyek perbaikan jalan.

Tak kurang akal, Risma pun ikut turun membersihkan material yang menutup sebagian jalan. ”Di tengah hujan deras, Mensos turun dari mobil mengais batu dan pasir untuk menutupi lobang di jalan," dikutip dalam rilis resmi Kemensos, Senin (6/12/2021).

Baca juga: Viral Mensos Risma Ratakan Gundukan Tanah Pakai Tangan, Netizen: Pakai Lidi Juga Bisa Padahal

Mantan Wali kota Surabaya ini sebelumnya meninjau dapur umum di Desa Sumber Wuluh, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang. Risma mengecek daftar pengungsi untuk memastikan kemampuan dapur umum memenuhi kebutuhan mereka.



Kemensos sendiri melalui Tagana telah mengirimkan bantuan logistik dikirimkan segera setelah bencana terjadi pada Sabtu (4/12/2021). Logistik dikirimkan dari gudang Bekasi, Magelang, dan dari Balai Rehsos wilayah Jawa Tengah.

Dari Gudang Bekasi berupa foodware sebanyak 300 paket, kids ware sebanyak 400 paket, peralatan dapur keluarga 200 paket, tenda gulung sebanyak 200 lembar, tenda serbaguna merah putih 20 unit, kasur sebanyak 400 lembar, velbed 20 unit, dan makanan anak 240 paket.

Baca juga: Risma Menangis di Acara Lelang Lukisan Anak Disabilitas

Dari Gudang Rehsos Magelang berupa makanan anak sebanyak 180 paket, family kit sebanyak 30 paket, dan matras sebanyak 50 lembar. Lalu melalui Gudang Provinsi Jatim matras disalurkan sebanyak 100 lembar, kids ware sebanyak 100 paket, paket sandang sebanyak 50 paket, makanan anak sebanyak 250 paket, tenda gulung merah 50 lembar, kasur 50 lembar, dan family kit sebanyak 100 paket.

Dari Balai Rehsos Solo dikirimkan family kit sebanyak 100 paket, kids ware sebanyak 80 paket, makanan anak sebanyak 162 paket tenda gulung sebanyak 25 lembar, matras 75 lembar, dan peralatan dapur keluarga 12 dus.
(muh)
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1385 seconds (10.101#12.26)