Jokowi Anggap Presidensi G20 Sekelas Bung Karno Pimpin KAA

Senin, 06 Desember 2021 - 11:21 WIB
loading...
Jokowi Anggap Presidensi G20 Sekelas Bung Karno Pimpin KAA
Presiden Jokowi menilai posisi Indonesia di G20 saat ini sama seperti posisi ketika Konferensi Asia Afrika diselenggarakan di Bandung. Foto/dok.SINNDOnews
A A A
JAKARTA - Presiden Jokowi mengakui saat ini dirinya memegang kursi keketuaan atau presidensi G20. Dia mengatakan posisi Indonesia tersebut seperti perjuangan presiden pertama Indonesia Soekarno yang memimpin negara-negara Asia Afrika untuk memperjuangkan kemerdekaan mereka.

“Perjuangan ini adalah seperti perjuangan Bung Karno ketika mendukung perjuangan negara-negara jajahan untuk memperoleh kemerdekaan. Perjuangan ini seperti perjuangan Bung Karno dalam memimpin negara-negara Asia Afrika,” katanya saat membuka Kongres Dewan Pengurus Pusat Persatuan Alumni (PA) Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI), di Istana Negara, Senin (6/12/2021).

Baca juga: Buka Kongres PA GMNI, Jokowi Bicara Kedaulatan dan Pemenangan Kompetisi Global

Sementara melalui G20 Indonesia memimpin negara-negara terkaya untuk membangun dunia yang lebih baik. “Sekarang ini kita memimpin negara-negara terkaya dunia untuk membangun dunia yang lebih baik, yang lebih berkeadilan bagi kita semua, bagi masa depan dunia,” tuturnya.

Jokowi kembali mengatakan agar posisi Indonesia sebagai presidensi G20 dimanfaatkan dengan baik. Utamanya untuk menunjukkan kepemimpinan Indonesia dalam memperjuangkan kepentingan negara berkembang.

“Presidensi Indonesia di G20 yang baru saja kita mulai harus kita manfaatkan juga ini sebagai momentum. Momentum untuk menunjukkan kepemimpinan Indonesia di dunia internasional, kepemimpinan Indonesia untuk mewarnai arah dunia dan kepentingan Indonesia untuk memperjuangkan kepentingan negara-negara berkembang,” katanya.

(muh)
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2960 seconds (11.97#12.26)