Survei: Tingkat Kepuasan Kinerja Jokowi Meningkat Tajam Capai 72%

Minggu, 05 Desember 2021 - 15:22 WIB
loading...
Survei: Tingkat Kepuasan Kinerja Jokowi Meningkat Tajam Capai 72%
Total ada sekitar 72% yang sangat puas atau cukup puas terhadap kinerja Presiden Jokowi. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Lembaga survei Indikator Politik Indonesia mengeluarkan hasil temuan terbarunya. Salah satu satu yang menjadi penelitiannya adalah tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) .

"Kinerja presiden total ada sekitar 72% yang sangat puas atau cukup puas terhadap kinerja Presiden Jokowi," kata Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi dalam rilis surveinya yang digelar secara daring, Minggu (5/12/2021).

Burhan menyebut tingkat kepuasan Jokowi dalam survei kali ini mengalami peningkatan sangat tajam. Pada survei Juli 2021, tingkat kepuasan Jokowi berada pada 59%. Bahkan, kata dia, angka ini merupakan tingkat kepuasan Jokowi terendah selama 6 bulan terakhir.

Baca juga: Survei: Kinerja Jokowi-Ma'ruf Tahun Ini Lebih Baik Dibanding 2020

"Dalam waktu 2-3 bulan naik 13%. Nah ini approval rating sekarang adalah kenaikan paling tinggi selama pandemi 2 tahun terakhir," katanya.

Dari hasil analisa data yang didapat, Burhan menyebut ada dua faktor utama yang membuat tingkat kepuasan Jokowi meningkat tajam. Pertama, kepuasan terhadap ekonomi itu meningkat. Responden mengatakan ekonomi memburuk itu turun.

"Kemudian kedua adalah penanganan Covid. Dua (faktor) ini yang menyumbang kepuasan kinerja presiden meningkat," katanya.



Untuk diketahui, Indikator Politik Indonesia melakukan survei tatap muka pada 2-6 November 2021. Penarikan sampel dilakukan dengan metode multistage random sampling dengan jumlah responden mencapai 2.020 orang. Survei ini memiliki margin of error kurang lebih 2,9% pada tingkat kepercayaan 95%.

Baca juga: Survei Indikator: 61,8% Masyarakat Puas Kinerja Jokowi Tangani Pandemi Covid-19
(abd)
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2428 seconds (11.252#12.26)