Awan Panas Gunung Semeru Hantui Warga Lumajang

Sabtu, 04 Desember 2021 - 17:00 WIB
loading...
Awan Panas Gunung Semeru Hantui Warga Lumajang
Awan panas Gunung Semeru hantui warga Lumajang. Foto: Tangkapan Layar
A A A
JAKARTA - Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur mengalami erupsi yang disertai awan panas pada pukul 15.00 WIB. Warga yang tinggal di permukiman berusaha menyelamatkan diri dan ketakutan terkena awan panas tersebut.

Dalam video amatir yang beredar luas di media sosial memperlihat warga berusaha menyelamatkan diri dan warga yang berada di sekitar sungai yang berhulu di Gunung Semeru terlihat mengevakuasi diri ke tempat aman.

Sebab, guguran material letusan Gunung Semeru dan awan panas menuju Curah Kobokan, Lumajang. Kendati demikian, belum diketahui berapa jumlah korban dan dampak kerusakan akibat erupsi Gunung Semeru ini.

Gunung Semeru yang terletak di perbatasan antara Kabupaten Malang dan Lumajang, Jawa Timur meletus. Gunung tertinggi di Pulau Jawa tersebut erupsi mengeluarkan guguran awan panas sekira pukul 15.00 WIB.

Koordinator Mitigasi Gunungapi Pusat Vulkanologi, dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kristianto membeberkan kronologi meletusnya Gunung Semeru. Kata Kristianto, sebelum erupsi, Gunung Semeru sempat mengeluarkan lahar pada pukul 13.30 WIB.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1906 seconds (0.1#10.140)