Kemnaker: TKM Expo Ajang untuk Promosi dan Mengembangkan Potensi Usaha

Sabtu, 04 Desember 2021 - 12:03 WIB
loading...
Kemnaker: TKM Expo Ajang untuk Promosi dan Mengembangkan Potensi Usaha
Kemenker menggelar TKM Expo Republik Kreatif 2021 sebagai ajang untuk promosi dan mengembangkan usaha para pelaku usaha yang telah mendapatkan program bantuan TKM dari Kemnaker.
A A A
JAKARTA - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenker) menggelar Tenaga Kerja Mandiri (TKM) Expo Republik Kreatif 2021 sebagai ajang untuk promosi dan mengembangkan usaha para pelaku usaha yang telah mendapatkan program bantuan TKM dari Kemnaker.

Menurut Menaker Ida Fauziyah, pandemi berdampak cukup dalam terhadap sektor usaha dan ketenagakerjaan, karena itu Kemenker berupaya keras membantu pelaku usaha untuk mengembangkan potensi usaha mereka. "Berbagai program digulirkan Kemnaker bukan hanya untuk menyelamatkan pelaku usaha, tapi juga mendorongnya bangkit kembali," katanya saat membuka (TKM) Expo Republik Kreatif 2021 di Jakarta International Velodrome, Pulogadung, Jakarta Timur, Kamis (2/11/2021).

Tidak hanya memberi bantuan modal, Kemnaker juga menyediakan event untuk mempromosikan produk-produk pelaku usaha TKM. Program unggulan Kemnaker yang digagas oleh Direktorat Jenderal Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja (Binapenta) ini juga menggandeng Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kemnaker guna memperluas kesempatan kerja bagi tenaga kerja formal dan informal. Program ini menjadi upaya untuk mewujudkan pembangunan bidang ketenagakerjaan yang kuat, inklusif dan berkelanjutan.

Mengusung tema 'Tenaga Kerja Mandiri Bangkit, Indonesia Maju 2021', TKM Expo menjadi ajang bagi masyarakat pelaku usaha mempromosikan produk mereka secara lebih luas. "TKM Expo ini memiliki manfaat penting dalam mengembangkan potensi usaha. Dengan kegiatan ini masyarakat dapat mempromosikan produknya ke lingkungan yang lebih luas. Mempertemukan produsen dan pembeli," kata Menaker Ida.

Dia berharap penyelenggaraan TKM Expo ini bisa semakin memajukan usaha para wirausahawan yang telah mendapatkan program bantuan TKM dari pemerintah. "Pada acara ini, peserta bisa saling bertemu dan belajar mengenai pengembangan potensi masing-masing. Jadi acara ini tidak sekedar unjuk rasa dan unjuk gigi. Melainkan menjadi ajang untuk menunjukkan potensi dan promosi dari temen-temen semua. Bahkan saya lihat banyak yang sudah melalui online dan ada saatnya juga untuk ekspos secara tatap muka,“ tutur Menteri Ida.

Ia optimis, pelaksanaan Expo TKM ini bisa membuka peluang usaha dan semakin memajukan usaha para peserta. Menurutnya, gelaran ini juga telah membangunkan semangat baru bagi pengusaha baik dari pemula maupun lanjutan. "Dengan kemauan yang kuat semuanya akan bisa diatasi dan mampu menghadapi semua rintangan dan tentu perlu berkolaborasi dengan yang lainnya,“ ucapnya.



Acara TKM Expo yang berlangsung mulai 2 hingga 4 Desember 2021 ini diikuti 50 kelompok usaha dari peserta TKM seluruh binaan kemenaker. CM
(ars)
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2012 seconds (11.97#12.26)