Temui Prajurit Kasuari, KSAD: Jangan Berpikir Bunuh KKB Tapi untuk Amankan Rakyat Papua

Kamis, 25 November 2021 - 14:52 WIB
Temui Prajurit Kasuari, KSAD: Jangan Berpikir Bunuh KKB Tapi untuk Amankan Rakyat Papua
KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman memberikan pengarahan kepada prajurit, komandan satuan (Dansat) dan perwira TNI di Kodam Kasuari. Foto/SINDOnews
A A A
PAPUA - Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman memberikan pesan kepada seluruh prajurit, komandan satuan (Dansat) dan perwira TNI yang bertugas di Papua untuk mengamankan rakyat dari intimidasi kelompok radikal.

”Prajurit-prajurit yang melaksanakan tugas di wilayah konflik seperti di wilayah Papua diminta untuk tidak berpikir ingin membunuh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) tetapi bagaimana melaksanakan tugas negara untuk mengamankan masyarakat Papua yang saat ini diintimidasi oleh kelompok-kelompok radikal bersenjata,” ujar Dudung di depan para Perwira dan Komandan Satuan (Dansat) jajaran Kodam Kasuari di Aula Makodam Kasuari, Arfai, Papua Barat, Kamis (25/11/2021).

Pengarahan tersebut dilaksakan di sela-sela agenda lawatannya mengunjungi wilayah Papua Barat termasuk ke Kodam Kasuari untuk bertatap muka langsung dengan para Prajurit yang bertugas di wilayah Timur Indonesia. Dudung mengatakan sengaja datang ke Kasuari karena setiap dia menjabat di satuan baru pasti akan mengunjungi anak buah secara langsung terutama satuan-satuan yang sangat membutuhkan perhatian termasuk di Papua Barat ini.

Baca juga: Panglima TNI-Menko Polhukam Bahas Papua dan Kasus HAM Berat



“Ini adalah salah satu angan-angan saya apabila saya menjabat, saya akan melihat daerah operasi dan juga ingin tahu bagaimana kesulitan prajurit, bagaimana hambatan prajurit, bagaimana tantangan di lapangan,” ujarnya.

Mantan Pangkostrad ini menegaskan kepada prajurit yang bertugas di Papua untuk selalu hadir di tengah-tengah kesulitan masyarakat Papua dan jangan sekali-sekali segan untuk turun membantu mengatasi masalah yang timbul.

Baca juga: KSAD Jenderal Dudung Sebut Kelompok Teroris Papua Perlu Dirangkul

“Cintai masyarakat Papua seperti layaknya kita mencintai diri sendiri dengan segala macam keterbatasan, TNI harus hadir seperti yang tertuang dalam salah satu perintah harian Kasad, apapun yang menjadi kebutuhan rakyat kita harus tahu. Sebagai pemimpin harus tahu situasi yang berkembang khususnya di wilayah Papua, saya sering katakan dan sampaikan kepada prajurit, kalian harus dicintai oleh rakyat Papua, harus hadir ditengah-tengah masyarakat, sekecil apapun” tegasnya.

Dudung mengatakan sebagai pemimpin harus berani dan jangan takut untuk menghadapi risiko dengan mengedepankan hati nurani. “Harus peka terhadap situasi yang apabila mengganggu persatuan dan kesatuan kalian harus hadir di situ” ucap Mantan Pangdam Jaya ini.
Halaman :
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2021 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1057 seconds (10.55#12.26)