Ganjar-Puan Bisa Terwujud di 2024, Begini Matematika Politiknya

Kamis, 25 November 2021 - 06:12 WIB
loading...
Ganjar-Puan Bisa Terwujud di 2024, Begini Matematika Politiknya
Pengamat Politik M Qodari membeberkan alasan pasangan Ganjar Pranowo dan Puan Maharani memungkinkan untuk diusung pada Pilpres 2024 oleh PDIP sendiri. Foto/SINDOnews/Yulianto
A A A
JAKARTA - Pengamat Politik M Qodari membeberkan alasan pasangan Ganjar Pranowo dan Puan Maharani memungkinkan untuk diusung pada Pilpres 2024. Dia menyebut, PDIP yang menaungi kedua tokoh tersebut telah memenuhi syarat pencalonan yaitu 20 persen kursi di DPR.



Alasan lain yang memungkinkan terwujudnya pasangan Ganjar-Puan ialah nilai ketokohan yang dimiliki keduanya. Qodari menyebut, Ganjar merupakan calon presiden papan atas yang memiliki peluang besar di pilpres.

Sementara Puan kata dia, adalah tokoh sentral yang bisa disebut sebagai salah satu veto player di PDIP. "Jadi, ini pasangan yang secara matematika politik sangat mungkin untuk terjadi," ucapnya.

Namun Direktur Eksekutif Indo Barometer itu menilai, PDIP tidak akan maju sendiri dengan memasangkan Ganjar dan Puan, karena keberagaman rakyat Indonesia.

"Republik Indonesia ini sangat besar, sangat beragam. PDIP dan Bu Mega sangat menyadari hal tersebut. Maka rasa-rasanya, PDIP itu enggak mungkin maju sendiri, pasti dia akan berkoalisi," tutur Qodari.

Sebelumnya, dukungan untuk mengusung pasangan Ganjar-Puan bermunculan, terutama ketika ipar Megawati, Timur Kiemas mendeklarasikan dukungan tersebut selaku ketua umum Front Ganjar-Puan (FGP).
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1480 seconds (0.1#10.140)