2 Pesawat TNI AU Diturunkan Jadi Pawang Hujan di Sirkuit Mandalika

Minggu, 21 November 2021 - 14:00 WIB
loading...
2 Pesawat TNI AU Diturunkan Jadi Pawang Hujan di Sirkuit Mandalika
TNI AU mengerahkan dua unit pesawat C-212 Cassa Skadron Udara 4 Lanud Abdulrachman Saleh, Malang untuk melaksanakan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) di sekitar Sirkuit Mandalika. FOTO/IST
A A A
JAKARTA - TNI AU mengerahkan dua unit pesawat C-212 Cassa Skadron Udara 4 Lanud Abdulrachman Saleh, Malang untuk melaksanakan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC). Misi berupa menyemaikan garam di wilayah Lombok bagian tenggara itu guna mengendalikan curah hujan di sekitar lokasi ajang internasional World Superbike ( WSBK ).

Kadispenau Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah menjelaskan, misi tersebut akan digelar selama tiga hari lamanya. Adapun garam yang hendak ditaburkan seberat 800 kilogram.

"Selama tiga hari, pesawat C-212 Cassa, menaburkan garam, sebanyak 800 kilogram per hari, pada ketinggian 10.000 feet di bagian tenggara Lombok," kata Indan Gilang dalam keterangan tertulis, Minggu (21/11/2021).

Baca juga: Kocak! Pembalap WSBK Hujan-hujanan di Sirkuit Mandalika

Indan menjelaskan, pelaksanaan TMC tersebut melakukan kerja sama dengan Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN). Dia berharap, apa yang dilakukan dapat mengurangi curah hujan di Mandalika. "Sehingga perhelatan World Superbike dapat terselenggara dengan aman, lancar dan sukses, tanpa gangguan cuaca," ujarnya.

2 Pesawat TNI AU Diturunkan Jadi Pawang Hujan di Sirkuit Mandalika


Di kesempatan terpisah, Mayor Pnb Andika Ardyagana, pilot yang menerbangkan pesawat A-2103, menuturkan bahwa TNI AU dan BRIN ll telah melakukan observasi pergerakan awan. Dari tindakan itu, kemudian dapat ditentukan daerah mana yang perlu dilakukan penyemaian garam.

"Setelah mendapatkan titik koordinat arah angin, kita laksanakan penerbangan sesuai ketinggian awan, sehingga kita dapat melaksanakan penyemaian garam, dan diharapkan percepatan hujan dapat dilakukan," kata Mayor Andika.

Baca juga: Jangan Panik! MGPA Perbolehkan Pemegang Tiket Sabtu Masuk di Hari Minggu Tonton Race 1 WSBK
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1577 seconds (0.1#10.140)