Meriahkan Superbike Mandalika, 7 Pesawat TNI AU Siap Bermanuver di Langit Lombok

Jum'at, 19 November 2021 - 09:12 WIB
loading...
Meriahkan Superbike Mandalika, 7 Pesawat TNI AU Siap Bermanuver di Langit Lombok
Tim Jupiter Aerobatik Team milik TNI AU akan tampil menghiasi langit Pulau Lombok menyukseskan gelaran World Superbike (WBSK) 2021 di Sirkuit Pertamina Mandalika. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Tim Jupiter Aerobatik Team milik TNI AU akan tampil menghiasi langit Pulau Lombok menyukseskan gelaran World Superbike (WBSK) 2021 di Sirkuit Pertamina Mandalika. Gelaran internasional tersebut akan dimulai pada hari ini, Jumat (19/11/2021).

Keberangkatan tim yang diawaki oleh para Instruktur Penerbang Lanud Adi Sutjipto Yogyakarta dari markasnya di Lanud Adisutjipto, Yogyakarta, langsung dipimpin Komandan Kodiklatau Marsdya TNI Tatang Herlyansah dan Danlanud Adisutjipto Yogyakarta Marsma TNI M.Yani Amirullah.

Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara (Dispenau) mengungkapkan, tujuh pesawat KT- 1 Wong Bee yang menjadi inti Jupiter Aerobatik Team telah berada di Lanud TGKH M. Zainudin Abdul Madjid (Zam) Lombok Praya.



"Perhelatan World Superbike (WSBK) 2021 di Sirkuit Mandalika Lombok, NTB, bakal meriah, seiring hadirnya Tim Aerobatik TNI AU Jupiter," tulis Dispenau dalam keterangannya, dikutip Jumat (19/11/2021).

Rencananya, Jupiter Aerobatik Team akan menampilkan manuver sebanyak tujuh manuver di atas langit Lombok. Di antaranya, Jupiter Roll, Jupiter Wheel, Tango To Diamond, Screw Roll, Five Cards Loop Solo Spin, Jupiter Roll Back, dan Boom Burst.



Sebelumnya, Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Zulkieflimansyah menegaskan gelaran World Superbike (WSBK) siap digelar hari ini, Jumat (19/11/2021). Kesiapan itu menyangkut faktor keamanan event dan teknis balapan.

"Insya Allah semua pihak sudah siap menggelar WSB di Sirkuit Mandalika," kata pria yang akrab disapa Bang Zul ini, dikutip dari portal resmi Pemprov NTB, Jumat (19/11/2021).

Bang Zul mengatakan, faktor keamanan terkait event dan teknis balapan telah melalui koordinasi matang agar tidak terjadi hal yang tak diinginkan. Dalam hal ini, pemerintah provinsi berperan menyiapkan keamanan di luar balapan bersama TNI-Polri dan stakeholder terkait seperti penonton dan situasi kondusif daerah terutama lingkar sirkuit.

Sedangkan keamanan balapan dikoordinasikan langsung oleh Dorna dan Mandalika GrandPrix Association bersama stakeholdernya. Mereka akan mengoordinasikan terkait keamanan rider dan teknis balapan lainnya di dalam sirkuit. "Itu sebabnya, balapan IATC kemarin ditunda agar persiapan main event WSBK dan MotoGP lebih baik," ujarnya.
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1485 seconds (0.1#10.140)