Max Sopacua Meninggal Dunia, AHY Tunjukkan Keteladanan sebagai Pemimpin

Rabu, 17 November 2021 - 20:15 WIB
loading...
Max Sopacua Meninggal Dunia, AHY Tunjukkan Keteladanan sebagai Pemimpin
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) bersama ayahandanya Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). AHY menitipkan upacan duka cita atas meninggalnya Max Sopacua. FOTO/Instagram @agusyudhoyono
A A A
JAKARTA - Kabar meninggalnya politikus senior Max Sopacua mengejutkan keluarga besar Partai Demokrat, tak terkecuali Ketua Umum Agus Harimurti Yudhoyono ( AHY ). Mantan penyiar televisi bernama asli Zulkifli bin Adam ini mengembuskan napas terakhir dalam perawatan di RSPAD Gatot Soebroto Jakarta, Rabu (17/11/2021) pagi.

"Ketika saya menelepon memberitahu kabar duka ini, Mas AHY terkejut dan berduka," kata Direktur Eksekutif DPP Partai Demokrat Sigit Raditya dalam keterangan tertulisnya, Rabu (17/11/2021).

Menurut Sigit, AHY yang sedang mendampingi ayahandanya Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berobat di Amerika Serikat, menitipkan ucapan duka cita bagi keluarga Max Sopacua. Suami Annisa Yudhoyono tersebut juga menanyakan bantuan yang dibutuhkan.

Baca juga: Max Sopacua Akan Dimakamkan Satu Liang dengan Istrinya

"Karena masih mendampingi Pak SBY yang sedang melakukan pengobatan, Mas AHY memerintahkan saya untuk mewakili beliau dan mengupayakan apapun yang jadi kebutuhan keluarga," katanya.

Melalui putra almarhum, Ferro Sopacua, yang juga wakil Ketua DPC Partai Demokrat Kota Bogor, keluarga Max Sopacua menyampaikan permohonan maaf, utamanya kepada SBY. Keluarga juga mohon agar jenazah almarhum bisa diantar dengan ambulans Partai Demokrat.

"Sesuai arahan Ketum, saya gerakkan minibus ambulans milik DPP untuk membawa jenazah almarhum Pak Max dari RSPAD ke kediaman keluarga di Bogor, lalu ke pemakaman keluarga di Ciomas," kata Sigit. "Kami bantu apa yang bisa kami bantu sebagai bentuk penghormatan terakhir pada Pak Max yang pernah menjadi senior kami di Partai Demokrat," katanya.

Meski dalam beberapa waktu terakhir ada perbedaan pandangan politik, AHY tetap menghomati Max Sopacua. Bagaimana pun, Max Sopacua pernah berjasa membesarkan Partai Demokrat. Dia juga sempat menjadi Anggota DPR RI dan pernah menjabat Wakil Ketua Umum Partai Demokrat di era kepemimpinan SBY (2015-2020).

Baca juga: Max Sopacua Meninggal Dunia, Demokrat Berduka

"Mas AHY menunjukkan keteladanan sebagai pemimpin yang mampu bertindak secara bijaksana dan dewasa," katanya.

"Di tengah polarisasi politik yang terus menguat dan ruang publik yang dipenuhi saling cerca, saya kira sikap seperti ini yang dibutuhkan bangsa Indonesia. Kita butuh lebih banyak inspirasi," kata lulusan Norwich University, AS, yang juga satu almamater dengan Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa ini.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1180 seconds (0.1#10.140)