Isu Reshuffle Kabinet, Hadi Tjahjanto Diprediksi Jadi Kepala Staf Kepresidenan

Senin, 15 November 2021 - 13:16 WIB
loading...
Isu Reshuffle Kabinet, Hadi Tjahjanto Diprediksi Jadi Kepala Staf Kepresidenan
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjano diperkirakan akan masuk ke dalam Kabinet Indonesia Maju setelah pensiun dari TNI. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Isu reshuffle kabinet kembali mengemuka setelah Partai Amanat Nasional (PAN) bergabung ke dalam koalisi pemerintah. Isu ini kian kencang usai KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa dipilih Presiden Jokowi menjadi calon tunggal Panglima TNI.

Pengamat politik dari Universitas Al Azhar Indonesia (UAI) Ujang Komarudin mengatakan, kans atau peluang Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto masuk ke dalam kabinet cukup besar.

Ujang memperkirakan, pasca pensiun sebagai prajurit TNI, Hadi tak akan sepenuhnya menganggur, tetapi akan diajak Jokowi masuk sebagai jajarannya.

Baca juga: Moeldoko Sarankan Hadi Tjahjanto Tak Perlu Buru-Buru Masuk Kabinet Jokowi Setelah Pensiun

"Kalau nganggur tak mungkin. Karena dia kan berjasa pada Jokowi dan teman dekat Jokowi, ya kemungkinan dapat posisi," kata Ujang, Senin (15/11/2021).

Ia memprediksi Hadi bakal diangkat Jokowi sebagai menteri, atau jabatan setara menteri seperti Kepala Staf Kepresidenan . Bisa pula mantan KSAU itu ditunjuk menjadi duta besar (dubes).

"Ada beberapa kemungkinan, bisa masuk kabinet, bisa punya jabatan setara menteri, seperti menjadi Kepala Staf Kepresidenan, bisa jadi dubes atau posisi lainnya. Jika dilihat dari latar belakangnya Hadi, yang cocok itu di KSP," katanya.

Baca juga: Jokowi Tegaskan Belum Berpikir Soal Reshuffle Kabinet
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4265 seconds (0.1#10.140)