BMKG Laporkan 40,35% Wilayah Indonesia Sudah Memasuki Musim Hujan hingga Pertengahan November

Senin, 15 November 2021 - 07:04 WIB
loading...
BMKG Laporkan 40,35% Wilayah Indonesia Sudah Memasuki Musim Hujan hingga Pertengahan November
BMKG melaporkan hingga pertengahan November ini berdasarkan jumlah Zona Musim (ZOM) sebanyak 40,35% wilayah Indonesia sudah memasuki musim hujan. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan hingga pertengahan November ini berdasarkan jumlah Zona Musim (ZOM) sebanyak 40,35% wilayah Indonesia sudah memasuki musim hujan . Wilayah tersebut meliputi Pulau Jawa-Bali, Pulau Kalimantan, dan Pulau Sulawesi-Maluku.

“Berdasarkan jumlah ZOM, sebanyak 40,35% wilayah Indonesia sudah masuk musim hujan,” tulis BMKG dikutip dari laman resminya, Senin (15/11/2021). Baca juga: Ditegur DPP Gerindra karena Kritik Jokowi, Fadli Zon Disarankan Beri Perlawanan

BMKG mengatakan wilayah yang sedang mengalami musim hujan di Pulau Sumatera yakni meliputi sebagian besar Aceh, Sumatera Utara, sebagian besar Riau, Sumatera Barat, Jambi, sebagian besar Sumatera Selatan, Bengkulu, Lampung bagian barat.

Kemudian Pulau Jawa-Bali meliputi Banten, DKI Jakarta, sebagian besar Jawa Barat, Jawa Tengah bagian tengah, sebagian kecil Jawa Timur bagian selatan, sebagian Bali.

Selanjutnya, di Pulau Kalimantan yakni Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, sebagian besar Kalimantan Timur, sebagian Kalimantan Selatan.

Dan di Pulau Sulawesi-Maluku yakni di sebagian Sulawesi Utara, sebagian Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat bagian selatan, Sulawesi Selatan bagian selatan, Sulawesi Tenggara bagian selatan, dan sebagian besar Maluku.

Namun, meski hujan telah turun di beberapa daerah, BMKG mencatat masih 59,65% dari jumlah ZOM yang ada di Indonesia mengalami musim kemarau dan sejumlah 4 daerah tidak mengalami hujan lebih dari 2 bulan.

BMKG mengatakan empat daerah yang sudah lama tidak mengalami hujan hingga berada pada kategori panjang ekstrem yakni ada di NTT: Sumba Timur (217 hari), Nagekeo (141 hari), Lembata (135 hari), dan Sumba Barat Daya (97 hari).
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2196 seconds (0.1#10.140)