Antisipasi Kejahatan Siber, Ini Penjelasan Blibli Terkait Tudingan Penipu

Jum'at, 05 Juni 2020 - 10:33 WIB
loading...
Antisipasi Kejahatan Siber, Ini Penjelasan Blibli Terkait Tudingan Penipu
Maraknya penipuan online terjadi hingga seluruh dunia. Karenanya, masyarakat harus memperhatikan secara jeli sebelum melakukan segala sesuatunya di online. Foto/SINDOnews/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Maraknya penipuan melalui media online terjadi hingga seluruh dunia. Karenanya, masyarakat harus memperhatikan secara jeli sebelum melakukan segala sesuatunya di online, seperti transaksi jual beli atau pun lainnya.

Baru-baru ini terjadi aksi dugaan penipuan lewat arisan online (daring). Kali ini menimpa empat orang mahasiswi di Medan, Sumatera Utara. Mereka kemudian melaporkan sebuah akun grup Whatsapp yang mengatasnamakan arisan daring Medan ke Polda Sumatera Utara (Sumut).

(Baca juga: Data KPU Bocor, Ada Peluang Bagi Kejahatan Siber)

Pemilik akun tersebut menolak mengembalikan uang yang diminta para member dengan total mencapai Rp3 miliar. Pelaku diduga melakukan penipuan dan pengelapan uang dengan modus arisan daring.

(Baca juga: Facebook Messenger Perangi Penipuan dengan Peringatan Pop-up)

Dirkamsel Korlantas Polri, Brigjen Pol Chryshnanda mengatakan, tak hanya soal cyber crime atau kejahatan saja yang dilihat, namun juga ada perawatan atas sistem yang dibangun dan updating serta upgrading sistem. Kalau tidak, maka akan tertinggal atau ditinggalkan atau malah bisa diacak-acak oleh penjahat siber.

"Di sinilah cyber security menjadi penting dalam merawat atau memberdayakan data yang ada dalam wujud algoritma. Cyber cops cyber troops memang harus dibangun," kata Chryshnanda beberapa waktu lalu

"Kedaulatan siber atau mayantara ini harus dijaga membangun sistem untuk mampu sebagai alkemis, juga sangat menjadi jaminan di dalam menjaga mengamankan menata mengatasi meng-update dan merehabilitasi bahkan mengcounter segala sesuatu yang kontraproduktif di bidang siber," sambungnya.

Untuk itu ada sejumlah antisipasi yang bisa dilakukan untuk terhindar dari penipuan seperti di online shop. Seperti Blibli merupakan salah satu online shop yang menjual berbagai macam produk secara lengkap. Baik itu produk kecantikan, kebutuhan rumah tangga, kesehatan, gadget, dan masih banyak lagi.
Antisipasi Kejahatan Siber, Ini Penjelasan Blibli Terkait Tudingan Penipu

Sayangnya, belum lama ini marak isu yang mengatakan Blibli penipu. Namun, isu tersebut tentu gak benar mengingat Blibli merupakan toko online yang menggunakan domain terpercaya. Agar kamu gak lagi ragu atau was-was saat akan belanja online, simak tips memilih online shop berikut ini.

Pertama, perhatikan produk berkualitas, caranya sangat mudah, bisa memperhatikan setiap detail foto yang ditampilkan. Jangan lupa untuk juga membaca deskripsi produk untuk mengetahui kualitas dari produk yang akan dibeli. Meski gak bisa melihatnya langsung, tips ini memudahkan kamu mendapatkan produk yang berkualitas.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1583 seconds (0.1#10.140)