Kepala BNPB Masifkan Masker dan Disiplin Prokes Jelang WSBK Sirkuit Mandalika

Kamis, 11 November 2021 - 16:31 WIB
loading...
Kepala BNPB Masifkan Masker dan Disiplin Prokes Jelang WSBK Sirkuit Mandalika
Kepala BNPB Letjen TNI Ganip Warsito melepas keberangkatan Satgas Prokes yang akan membagikan masker, hand sanitizer melalui Gerakan Mobil Masker. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) dalam waktu dekat akan menjadi pusat perhatian dunia. Sejumlah rangkaian ajang balap internasional hingga 2022 mendatang telah diagendakan dihelat di Sirkuit Mandalika, NTB.

Agenda terdekat, Provinsi NTB akan menjadi tuan rumah ajang balap World Superbike (WSBK) 2021 pada 19-21 November 2021. Semua pemangku kepentingan akan dilibatkan untuk menyukseskan terlaksananya acara dengan baik.

Untuk persiapan akbar itu, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Ganip Warsito beserta rombongan berkunjung ke NTB untuk memasifkan pembagian masker melalui Gerakan Mobil Masker, Kamis (11/11/2021).



Sebanyak 1 juta masker dibagikan, juga 50.040 hand sanitizer, 50.040 sabun batang dan 12.000 sabun cair. Pelepasan Gerakan Mobil Masker untuk masyarakat se- Provinsi NTB dipusatkan di Kantor Gubernur NTB. Gerakan Mobil Masker melibatkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi NTB, unsur TNI-Polri, Forkopimda dan didukung 95 relawan Satgas Penanganan Covid-19.

Peluncuran Gerakan Mobil Masker Untuk Masyarakat ditandai dengan pengangkatan bendera oleh Kepala BNPB Letjen TNI Ganip Warsito bersama Gubernur NTB Zulkieflimansyah, didampingi Danrem 162 Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani, Kapolda NTB Irjen Pol. Moh. Iqbal serta Deputi Bidang Rehabililtasi dan Rekonstruksi BNPB Jarwansah.



Dalam sambutannya, Ganip mengibaratkan fungsi masker sama dengan payung ketika terjadi hujan. Kendati tidak dapat menghilangkan atau menghentikan hujan, namun payung dapat mencegah seseorang dari paparan air hujan.

"Payung tidak bisa menghentikan hujan, tapi payung dapat melindungi kita dari keterpaparan air hujan. Begitu pula masker dan vaksinasi. Tidak menghentikan menghilangkan Covid-19. Tetapi masker bisa mencegah kita dari terpapar Covid-19. Vaksin bisa melindungi kita dari keterpaparan Covid-19," ujarnya.

Oleh karena itu, Gerakan Mobil Masker merupakan upaya pemerintah melalui BNPB untuk mengedukasi dan menyosialisasikan pentingnya protokol kesehatan, khususnya penggunaan masker kepada masyarakat. Apalagi, menjelang perhelatan akbar ajang balap World Superbike 2021. Event balap motor yang menjadi bagian dari kegiatan ekonomi dan agenda pariwisata internasional pertama yang akan di gelar Indonesia pasca pandemi Covid-19.

Kepada Satgas Prokes Event WSBK Sirkuit Mandalika, di mengingatkan agar memperhatikan setiap penonton di arena pertandingan. Satgas Prokes yang bertugas membantu penerapan prokes dalam ajang balap WSBK Sirkuit Mandalika akan menjadi ujung tombak penerapan prokes berjalan dengan baik. ”Satgas prokes akan bertugas melakukan sosialisasi hingga pembagian alat pelindung diri, seperti masker saat acara WSBK di Sirkuit Mandalika,” ucapnya.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2894 seconds (0.1#10.140)