Fakta-fakta Sejarah 10 November: Berdirinya Kerajaan Majapahit, Pertempuran Surabaya, hingga Jadi Hari Pahlawan

Rabu, 10 November 2021 - 06:10 WIB
loading...
Fakta-fakta Sejarah 10 November: Berdirinya Kerajaan Majapahit, Pertempuran Surabaya, hingga Jadi Hari Pahlawan
Dua anggota Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Dalijan (kiri) dan Kawit (dua kiri) berkunjung ke Tugu Proklamasi di Jakarta. Foto: Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sederat peristiwa pernah terjadi pada 10 November dari tahun ke tahun. Sejumlah peristiwa atau momen yang terjadi di tanggal 10 November tercatat menjadi bagian dari sejarah perjalanan bangsa Indonesia, bahkan dunia.

Dirangkum dari berbagai sumber, peristiwa yang pernah terjadi pada 10 November, mulai dari Pertempuran Surabaya hingga ditetapkannya Hari Pahlawan Nasional. Berikut ulasan singkat terkait sejumlah peristiwa yang terjadi pada 10 November: Baca juga: Hari Pahlawan, Tokoh Minke dalam Tetralogi Buru Diabadikan Jadi Nama Jalan di Bogor

1. Berdirinya Kerajaan Majapahit

Kemaharajaan Majapahit adalah sebuah kerajaan yang berpusat di Jawa Timur, Indonesia. Kerajaan ini pernah berdiri sekitar 1293 hingga 1500 Masehi. Kerajaan Majapahit mencapai puncak kejayaannya menjadi kemaharajaan raya yang menguasai wilayah yang luas di Nusantara pada masa kekuasaan Hayam Wuruk (1350-1389).

Tanggal pasti yang digunakan sebagai tanggal kelahiran kerajaan Majapahit adalah hari penobatan Raden Wijaya sebagai raja, yaitu 15 bulan Kartika tahun 1215 saka yang bertepatan dengan 10 November 1293. Ia dinobatkan dengan nama resmi Kertarajasa Jayawardhana.


2. Pertempuran Surabaya


Pertempuran Surabaya merupakan sejarah penting dalam memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia. Pertempuran Surabaya adalah perang antara tentara dan milisi pro-kemerdekaan Indonesia dan tentara Britania Raya dan India Britania.

Pertempuran ini dimulai sejak 27 Oktober hingga 20 November 1945. Sementara puncak pertempuran, terjadi pada 10 November 1945. Puncak pertempuran tersebut yang kini diperingati sebagai Hari Pahlawan Nasional.

Pertempuran ini adalah perang pertama pasukan Indonesia dengan pasukan asing setelah proklamasi kemerdekaan Indonesia. Ini menjadi salah satu pertempuran terbesar dan terberat dalam sejarah revolusi nasional Indonesia.

Pertempuran ini juga menjadi simbol nasional atas perlawanan Indonesia terhadap kolonialisme. Adapun, penyebab Pertempuran Surabaya hingga terjadinya peristiwa 10 November 1945 berawal dari insiden di Hotel Yamato.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1849 seconds (11.252#12.26)