Muktamar NU di Lampung Akan Bahas Reforma Agraria

Minggu, 07 November 2021 - 07:52 WIB
loading...
Muktamar NU di Lampung Akan Bahas Reforma Agraria
Reforma agraria menjadi salah satu bahasan dalam Forum Bahtsul Masail pada Muktamar ke-34 NU di Lampung, Desember 2021 nanti. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pada Muktamar ke-34 Nahdlatul Ulama yang diadakan pada 23-25 Desember 2021 di Lampung nanti, Forum Bahtsul Masail akan membahas soal reforma agraria yang hingga saat ini belum tuntas. Banyak kebijakan-kebijakan negara terkait reforma agraria yang masih mengorbankan hak warga atas tanah.

"Kita harus melihat ke belakang dan ke depan. Kadang kita lupa bahwa negara kita sangat kaya dari sisi agraria, tetapi kita juga sangat miskin dari segi produk-produk agraria. Kita juga kaya dengan laut, tetapi kita juga miskin dengan produk-produk laut. Itu akan menjadi agenda besar NU ke depan," kata Ketua Panitia Pelaksana Muktamar ke-34 NU Kiai M Imam Aziz demikian dikutip pada laman resmi NU Online, Minggu (07/11/2021).

Isu kemandirian warga di bidang pertanian akan menjadi perhatian khusus di dalam agenda Muktamar ke-34 NU. Sebab, kata Kiai Imam Aziz, tanah garapan, teknologi pertanian yang bagus, dan jejaring ekspor-impor yang baik hingga kini juga belum bisa tertangani dengan baik oleh warga NU.

Baca juga: Muktamar NU Ke-34 Digelar di Lampung Akhir Desember

"Makanya dibahas di Forum Bahtsul Masail soal reforma agraria. Itu tema-tema dasar. Kalau ada orang tanya kok itu-itu lagi. Lah memang belum sampai-sampai (terwujud) kok kita, maka harus diulangi lagi (dengan berbagai kajian pemecahan masalah)," katanya.

Selain itu, isu kemandirian pengetahuan dan intelektual terkait pengembangan sumber daya manusia serta teknologi juga akan dibahas dalam muktamar tersebut.

Baca juga: Muktamar NU: Sukses, Sehat, dan Keren
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1904 seconds (0.1#10.140)