Fahri Hamzah Kritik Gaya Parpol Oposisi di DPR, Kerjanya Pencitraan dan Potong Gaji Anggota

Jum'at, 05 November 2021 - 17:48 WIB
loading...
Fahri Hamzah Kritik Gaya Parpol Oposisi di DPR, Kerjanya Pencitraan dan Potong Gaji Anggota
Fahri Hamzah menilai parpol oposisi di DPR tidak menjalankan tugas pengawasan terhadap pemerintah dengan baik. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Mantan Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah mengkritisi gaya oposisi atau parpol di luar pemerintahan. Menurutnya, mereka tidak menjalankan fungsinya secara baik dalam mengawasi jalannya pemerintahan di DPR, padahal fungsi pengawasan ini sangat dibutuhkan.

"Kritik kepada lembaga negara yang bertugas untuk menjadi pengawas dan oposisi terhadap eksekutif sangat diperlukan karena kita sebagai rakyat dan pembayar pajak harus melihat bukti nyata bahwa mereka mengawasi," kata Fahri dalam keterangannya kepada wartawan, Jumat (5/11/2021).

Wakil Ketua Umum DPN Partai Gelora Indonesia ini justru melihat bahwa parpol oposisi ini justru hanya melakukan pencitraan semata, mulai dari memotong gaji para anggota fraksinya, sampai bagi-bagi bantuan sosial (bansos). Padahal, itu bukan tugas parpol oposisi.

Baca juga: Singgung Pertanyaan Jokowi, Fahri Hamzah Bahas Lagi Lemahnya Oposisi

"Sekarang ini yang tampak bukan mereka mengawasi tapi hanya komen-komen yang tidak jelas dan dibarengi oleh pencitraan, potong gaji, bansos, sumbangan kiri kanan yang sebetulnya bukan merupakan tugas dari pada lembaga pengawas dan oposisi, tetapi itu sebenarnya tugas eksekutif," tuturnya.

Fahri menegaskan, tugas utama dari lembaga legislatif adalah betul-betul melakukan pengecekan secara detail pada aspek aturan, aspek anggaran, dan hal-hal lain yang berbasis kepada regulasi dan administrasi keuangan.

Mantan Anggota Komisi III DPR ini menekankan bahwa fungsi ini sangat penting dan tidak boleh dianggap remeh. Partai Gelora sebagai partai baru yang belum punya instrumen untuk mengawasi pemerintah wajib mengingatkan semua partai politik yang punya kursi di parlemen untuk bekerja sungguh-sungguh dalam situasi krisis seperti ini.

Baca juga: Parpol Pemerintah dan Oposisi Dukung Penunjukan Jenderal Andika sebagai Panglima TNI

"Jangan main-main dan jangan anggap remeh tugas pengawasan sebab tanpa pengawasan yang baik, jalannya pemerintahan bisa membahayakan keselamatan bangsa dan negara serta rakyat Indonesia," kata Fahri.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1827 seconds (0.1#10.140)