DPR Uji Kelayakan Calon Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa Sabtu 6 November 2021

Kamis, 04 November 2021 - 16:27 WIB
loading...
DPR Uji Kelayakan Calon Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa Sabtu 6 November 2021
Calon Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa akan menjalani uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) di Komisi I DPR RI, Sabtu (6/11/2021). FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Komisi I DPR akan melakukan uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) terhadap calon Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa pada Sabtu (6/11/2021) lusa. Namun, prosesnya sudah dimulai sejak Jumat (5/11/2021) besok untuk tahap verifikasi administrasi.

"Kita akan mengadakan fit and proper test hari Sabtu dan besok (Jumat) sudah dimulai tahapannya verif administrasi, seperti laporan pajak, LHKPN (Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara), semua," kata Anggota Komisi I DPR Bobby Adhityo Rizaldi kepada wartawan seusai rapat internal Komisi I DPR di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (4/11/2021).

Politikus Partai Golkar ini mengatakan, penetapan hasil uji kelayakan di Komisi I DPR melalui Rapat Paripurna DPR dijadwalkan, Senin (8/11/2021) pekan depan. Jika dimungkinkan untuk menggelar Rapat Paripurna pada Senin siang, maka pemerintah bisa langsung melantik Jenderal Andika sebagai Panglima TNI di hari yang sama.

Baca juga: Calon Panglima TNI Jenderal Andika Diminta Tak Utak-atik Pengadaan Alutsista

"Misalnya bisa diparipurnakan siang, pemerintah bisa lakukan pelantikan di hari yang sama," ujarnya.

Bobby menjelaskan, meskipun Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto akan pensiun pada 1 Desember, tetapi 8 November sudah memasuki usia pensiun, sehingga tidak ada jabatan kosong. "Kita menunggu surat penugasan dari Bamus (Badan Musyawarah) dan verifikasi," katanya.

Baca juga: Jokowi Pilih Andika Perkasa Jadi Panglima TNI, JK: Beliau Sudah Berpengalaman dan Kekar
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1960 seconds (0.1#10.140)