Lega! Arab Saudi Buka Ibadah Umrah bagi RI Tahun 2022, Partai Perindo: Umat Islam Indonesia Rindu Baitullah

Kamis, 04 November 2021 - 14:15 WIB
loading...
Lega! Arab Saudi Buka Ibadah Umrah bagi RI Tahun 2022, Partai Perindo: Umat Islam Indonesia Rindu Baitullah
Ketua DPP Partai Perindo Bidang Keagamaan Abdul Khaliq Ahmad menyambut baik Keputusan Pemerintah Arab Saudi memberikan izin bagi umat Islam di Indonesia untuk menunaikan ibadah umrah pada 2022. FOTO/TANGKAPAN LAYAR
A A A
JAKARTA - Keputusan Pemerintah Arab Saudi memberikan izin bagi umat Islam di Indonesia untuk menunaikan ibadah umrah pada 2022 mendapatkan apresiasi dari Partai Perindo.

"Kita mengapresiasi dan menyambut gembira kebijakan Pemerintah Arab Saudi yang telah mengizinkan kembali ibadah umrah bagi umat Islam di Indonesia," kata Ketua DPP Partai Perindo Bidang Keagamaan Abdul Khaliq Ahmad di Jakarta, Kamis (4/11/2021).

Khaliq menuturkan keputusan Pemerintah Arab Saudi ini tentu memberikan angin segar baik bagi umat Islam di Indonesia yang sudah pernah menjalankan umrah maupun bagi yang baru pertama kali ingin melaksanakan ibadah umrah setelah hampir 2 tahun terakhir ini terhadang pandemi Covid-19.

Baca juga: Dirjen PHU Pastikan Penyelenggaraan Haji dan Umrah Inklusif dan Tak Diskriminatif

"Hal ini mengakhiri masa penantian yang panjang dengan penundaan pelaksanaan ibadah umrah akibat pandemi COVID-19. Kebijakan ini laksana oase di tengah kerinduan terhadap baitullah," kata Khaliq yang juga Ketua Umum DPP Silaturahmi Umrah dan Haji Indonesia (SAHI) ini.

Dia berharap kepada Pemerintah Arab Saudi agar kebijakan ini diikuti dengan regulasi yang jelas dan transparan, serta adanya kepastian keamanan maupun kenyamanan ibadah bagi para jamaah umrah.

Adapun, bagi Pemerintah Indonesia, Khaliq meminta agar memberikan kemudahan dan dukungan yang optimal, baik kepada penyelenggara ibadah umrah maupun bagi calon jamaah umrah serta memantau secara seksama pelaksanaan ibadah umrah.

"Pantau secara seksama pelaksanaan ibadah umrah di tahun depan. Mulai persiapan jamaah di Tanah Air hingga pelaksanaannya di Tanah Suci mengingat pandemi Covid-19 belum berakhir," kata Khaliq.

Baca juga: Konjen Arab Saudi Sebut Ibadah Umrah Belum Dibuka untuk Jamaah Indonesia

Sebelumnya, Pemerintah Arab Saudi menyatakan telah membuka kembali ibadah umrah bagi warga negara Indonesia yang disampaikan melalui nota diplomatik Kedutaan Besar Arab Saudi di Jakarta.

Keputusan Pemerintah Arab Saudi membuka kembali umrah bagi warga negara Indonesia tersebut, menyusul pertimbangan tingkat penularan virus Covid-19 di Indonesia yang semakin menurun dengan pembahasan yang cukup lama dilakukan pada level Menteri Luar Negeri, Menteri Kesehatan, dan Menteri Agama.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2348 seconds (0.1#10.140)