6 Provinsi Siaga Banjir dan Banjir Bandang

Minggu, 31 Oktober 2021 - 16:15 WIB
loading...
6 Provinsi Siaga Banjir dan Banjir Bandang
Seorang warga naik becak untuk menerobos banjir di Jakarta. BMKG mengingatkan ada enam provinsi masuk kategori siaga banjir dan banjir bandang untuk tiga ke depan. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika ( BMKG ) memperingatkan 6 provinsi masuk kategori siaga potensi banjir dan banjir bandang dalam tiga hari ke depan. Pengelola daerah diminta agar mengantisipasi potensi cuara ekstrem itu dengan maksimal.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto mengatakan, enam provinsi yang masuk kategori siaga potensi banjir dan banjir bandang adalah Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Selatan.

"Untuk periode tiga hari mendatang, 31 Oktober hingga 1 November 2021, ada 6 provinsi yang masuk kategori siaga," kata Guswanto dalam keterangan resmi yang diterima, Minggu (31/10/2021).

Baca juga: Peringatan Dini BMKG: Waspadai Cuaca Ekstrem di Seluruh Wilayah Indonesia Sepekan ke Depan

Ia mengatakan, BMKG berharap pihak-pihak terkait melakukan persiapan antara lain memastikan kapasitas infrastruktur dan sistem tata kelola sumber daya air siap untuk mengantisipasi peningkatan curah hujan. Kemudian, melakukan penataan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan, tidak melakukan pemotongan lereng atau penebangan pohon dengan tidak terkontrol.

Selain itu, melakukan pemangkasan dahan dan ranting pohon yang rapuh, dan menguatkan tegakan/tiang agar tidak roboh tertiup angin kencang, juga melakukan penghijauan secara lebih masif.

BMKG juga mengingatkan agar lebih mengintensifkan koordinasi, sinergi, dan komunikasi antarpihak terkait untuk kesiapsiagaan antisipasi bencana hidrometeorologi. Menggencarkan secara lebih masif sosialisasi, edukasi dan literasi untuk meningkatkan pemahaman, kepedulian Pemerintah Daerah, masyarakat dan pihak terkait dalam pencegahan/pengurangan risiko bencana hidrometeorologi (banjir, longsor, banjir bandang, angin kencang, puting beliung, dan gelombanh tinggi).

Selain itu, juga memonitor informasi perkembangan cuaca dan Peringatan Dini Cuaca Ekstrem dari BMKG untuk mengetahui lebih rinci dan detail untuk tiap kecamatan di seluruh wilayah Indonesia.

Baca juga: Waspada La Nina, BMKG Warning Intensitas Hujan Tinggi hingga November
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1733 seconds (0.1#10.140)