Komisi III DPR Dukung Ketegasan Kapolri Soal Blunder Anggota Polisi

Kamis, 28 Oktober 2021 - 21:07 WIB
loading...
Komisi III DPR Dukung Ketegasan Kapolri Soal Blunder Anggota Polisi
Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo mengingatkan pada jajarannya baik di Kapolda, Kapolres, hingga Kapolsek untuk menjadi teladan bagi anak buah. Foto/dpr.go.id
A A A
JAKARTA - Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo mengingatkan pada jajarannya baik di Kapolda, Kapolres, hingga Kapolsek untuk menjadi teladan bagi anak buah. Jenderal Sigit mengutip peribahasa “Ikan busuk mulai dari kepala” yang maksudnya segala permasalahan internal di kepolisian bisa terjadi dimulai dari pimpinannya yang bermasalah.

Ketegasan ini mendapat dukungan dari Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni. Menurutnya, arahan Kapolri ini sudah jelas dan harus benar-benar diamalkan oleh para pimpinan Polri di bawahnya sebagai bagian dari pembenahan institusi kepolisian atas serangkaian aksi bluder anggota polisi.

“Apresiasi pada Pak Kapolri yang tak lelah untuk selalu mengingatkan supaya bawahannya bertugas sesuai aturan. Saya setuju, bahwa memang kinerja bawahan itu tergantung atasan, dan dengan atasan seperti Kapolri, saya yakin polisi akan terus berbenah,” ujar Sahroni kepada wartawan, Kamis (28/10/2021).

“Arahan ini juga menunjukkan bahwa Kapolri bertindak sangat tegas dan keras dalam menyikapi rangkaian blunder oknum anggotanya,” sambungnya.

Legislator Dapil Jakarta ini juga menyoroti terkait perhatian Sigit atas munculnya penurunan citra Polri di masyarakat karena sejumlah penyimpangan. Sahroni menilai hal ini menunjukkan bahwa sebagai pemimpin, Kapolri juga tak ragu mengevaluasi bawahannya sendiri.

“Pak Kapolri juga tahu betul bahwa kalau memang citranya turun, ya kepolisian wajib memperbaiki. Ini menunjukkan bahwa polisi tidak anti terhadap evaluasi, masukan, hingga kritikan. Ini menurut saya penting sekali demi mewujudkan Polri Presisi,” pungkasnya.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1642 seconds (0.1#10.140)