Attaturk Bakal Jadi Nama Jalan di Jakarta, Mahfud: Jangan, Tidak Sebanding dengan Bung Karno

Senin, 25 Oktober 2021 - 01:01 WIB
loading...
Attaturk Bakal Jadi Nama Jalan di Jakarta, Mahfud: Jangan, Tidak Sebanding dengan Bung Karno
Menko Polhukam Mahfud MD angkat bicara tentang rencana penamaan salah satu jalan di Jakarta dengan tokoh sekuler Turki Mustafa Kemal Attaturk. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menko Polhukam Mahfud MD angkat bicara tentang rencana penamaan salah satu jalan di Jakarta dengan tokoh sekuler Turki Mustafa Kemal Attaturk . Usulan itu, dinilai mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) ini tidaklah layak.

"Sekarang ini soal jalan di Kebon Sirih yang mau dijadikan Jalan Kemal Attaturk. Jangan, enggak sebanding Attaturk dengan Bung Karno, Attaturk itu penjahat," kata Mahfud dalam diskusi daring bertajuk berjudul Intoleransi dan Radikalisme Kuda Troya Politik dan Agama, Minggu (24/10/2021).

Mahfud menjelaskan, Attaturk memang menjadi salah satu nama orang yang dikagumi oleh Presiden Pertama Indonesia, Soekarno. Namun, sambung dia, Soekarno lebih terbuka dan cenderung kagum terhadap ulama-ulama Tanah Air.

"Dulu Attaturk adalah salah seorang yang dikagumi oleh Bung Karno, dan itu ditulis, ada tulisannya sampai sekarang. Tetapi Bung Karno orang yang terbuka, dia mengagumi juga ulama-ulama Indonesia," tuturnya. (Baca juga; Haramkan Mustafa Kemal Ataturk, Haji Lulung Usul Turki Utsmani Jadi Nama Jalan di Tanah Betawi )

Akibat dari buah pikiran Bung Karno yang lebih terbuka itulah maka lahir ideologi bangsa Indonesia. "Sehingga ketemu lahirnya Pancasila," imbuhnya. (Baca juga; Bukan Mustafa Kemal Ataturk, Fadli Zon Usul Muhammad al Fatih sebagai Nama Jalan di Jakarta )

Sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria membenarkan bahwa Mustafa Kemal Attaturk akan menjadi salah satu nama ruas jalan di Ibu Kota. Dia menyebut hal itu bagian dari kerja sama antara dua negara. "Insya Allah bagian dari kerja sama antara negara Indonesia dan negara Turki," ujar Ariza, Minggu (17/10/2021).

Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi sebelumnya mengatakan, Pemerintah Turki telah memberikan nama Jalan Ahmet Soekarno di Ankara. Ruas jalan itu berlokasi di depan kantor KBRI Ankara.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1286 seconds (0.1#10.140)