SMRC Sebut Target Golkar Menang Pileg 20% Bukan Hal Mustahil

Minggu, 24 Oktober 2021 - 16:09 WIB
loading...
SMRC Sebut Target Golkar Menang Pileg 20% Bukan Hal Mustahil
Kemenangan Partai Golkar 20% di Pileg 2024 dinilai tak mustahil atau setidaknya mendekati. Hal ini dikatakan oleh peneliti politik dari SMRC, Saidiman Ahmad. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kemenangan Partai Golkar 20% di Pileg 2024 dinilai tak mustahil bisa dicapai atau setidaknya mendekati. Hal ini dikatakan oleh peneliti politik dari SMRC, Saidiman Ahmad, merespons target Ketua Umum DPP Golkar Airlangga Hartarto.



Menurut Saidiman, pencapaian itu bisa mendekati melihat kondisi Golkar saat ini relatif solid. "Terdepan mengawal program pembangunan Pak Jokowi, termasuk pemulihan ekonomi nasional, dan penanggulangan Covid-19, di mana Pak Airlangga sendiri ketuanya," ucap Saidiman.

Kata Saidiman, keputusan Golkar untuk terdepan dalam kebijakan pemerintah menuai hal positif. Saat partai-partai pendukung utama pemerintah, seperti PDIP dan Gerindra mengalami penurunan, Golkar menjadi satu-satunya yang mengalami kenaikan elektabilitas dalam satu tahun terakhir.

"Kita tahu Partai Golkar itu terdiri dari politisi-politisi lama yang sangat piawai, sangat bagus gerakannya," imbuhnya

Saidiman menilai, jika Golkar konsisten tetap solid sampai akhir, dan tetap terdepan mengawal program pemerintahan yang populer dan diapresiasi, bukan mustahil angka 20 persen bisa didekati.

Terkait pencapresan, Golkar berpeluang berkoalisi dengan Partai Nasdem dalam Pilpres 2024. Koalisi partai ini besar kemungkinan akan berhadapan dengan koalisi partai yang dipimpin Gerindra dan PDIP.

"Nasdem menjadi lebih mungkin koalisi dengan Golkar. Misalnya Nasdem mendorong orang seperti Ridwan Kamil berpasangan dengan Airlangga, walaupun karakternya sama-sama teknorat," ujar Saidiman.

Lebih lanjut dikatakan dia, Golkar memiliki tradisi mencalonkan kadernya sebagai presiden dan wakil presiden. Satu-satunya pilpres yang tidak melibatkan kader Golkar adalah pilpres 2019.

Ia memprakirakan pada pemilu nanti, Golkar akan kembali memasukkan kadernya sebagai calon presiden, atau calon wakil presiden.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2114 seconds (0.1#10.140)