Panglima TNI Akan Memasuki Pensiun, Siapa Penerusnya?

Sabtu, 23 Oktober 2021 - 15:14 WIB
loading...
Panglima TNI Akan Memasuki Pensiun, Siapa Penerusnya?
Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo memberikan pengarahan kepada Prajurit TNI dan Anggota Polri di Pulau Dewata Bali, Sabtu (23/10/21). Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo memberikan pengarahan kepada Prajurit TNI dan Anggota Polri di Pulau Dewata Bali, Sabtu (23/10/21). Sebelumnya Panglima TNI dan Kapolri bertemu pasukan TNI-Polri di Timika Papua didampingi para Komandan Pasukan Khusus dari Tiga Matra (Pangkostrad, Danjen Kopassus, Dankormar, Dankor Paskhas, Dankoopsus dan Dankor Brimob).

Dalam kegiatan ini, Panglima TNI dan Kapolri sekaligus meninjau kesiapan sarana isolasi untuk warga negara asing (WNA) dari 19 negara yang telah diizinkan masuk ke Pulau Dewata sejak 14 Oktober 2021. Baca juga: Tak Jagokan Nama Tertentu Jadi Calon Panglima, PPP: Tunggu Jokowi Saja

Berbagai kunjungan kerja dan tugas sebagai Panglima TNI masih terus dilakukan oleh Marsekal TNI Hadi Tjahjanto meskipun akan memasuki masa purnabakti dalam waktu dekat. Panglima TNI bersama Kapolri meninjau kesiapan sarana isolasi untuk warga negara asing (WNA) dari 19 negara yang telah diizinkan masuk ke Pulau Dewata sejak 14 Oktober 2021 di Hotel Grand Hyatt Nusa Dua.

Usai memeriksa kesiapan sarana isolasi itu, Panglima TNI lanjut memeriksa alur kedatangan para wisatawan mancanegara di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai. Kemudian, Marsekal Hadi juga akan memberi arahan kepada para Prajurit TNI saat upacara gelar pasukan. Dalam kesempatan yang sama, Kapolri dijadwalkan turut memberi arahan ke jajaran kepolisian.

Panglima pada Jumat (22/10) juga telah memberi arahan dan pesan-pesan kepada para Prajurit TNI dan Anggota Polri di Markas Brigade Infanteri Raider 20/Ima Jaya Keramo, Timika, Papua. Dalam pertemuan bersama prajurit itu, Panglima TNI menyerukan bahwa mereka harus selalu bekerja profesional, memegang teguh Sapta Marga, dan Sumpah Prajurit.

Panglima TNI kepada para prajurit menyampaikan bahwa mereka mengemban tugas yang mulia. “Penugasan-penugasan di wilayah terpencil. Pulau-pulau terluar sepanjang garis pantai, di kampung-kampung, di desa-desa, menghadapi teroris sampai merawat masyarakat yang terpapar COVID-19 di isoter-isoter (isolasi terpusat, Red.) yang disiapkan oleh TNI dan Polri,” kata Marsekal Hadi.

Menurutnya, Prajurit TNI juga turut bertanggung jawab mencerdaskan anak bangsa yang salah satunya dilakukan dengan mengajar anak-anak di perbatasan. “Itu semua dibebankan di pundak kalian, di atas pundak kalian, Prajurit TNI, Polri. TNI, Polri!” seru Panglima TNI yang kemudian disambut oleh yel-yel dari para prajurit.

Panglima TNI saat memberikan arahan di Timika turut didampingi oleh jajarannya, antara lain Pangkostrad Letjen TNI Dudung Abdurachman, Pangkogabwilhan III Letjen TNI Jefrey Appoly, Danjen Kopassus Mayjen TNI Mohammad Hasan, Dankormar Mayjen TNI Marinir Suhartono, Dankorpaskhas Mayjen TNI Paskhas Eris Widodo, dan Dankoopsus TNI Mayjen TNI Richard TH Tampubolon.

Marsekal TNI Hadi Tjahjanto diperkirakan akan memasuki masa purnabaktinya pada November 2021. Namun sampai sejauh ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) belum mengirim surat presiden ke DPR RI tentang pergantian Panglima TNI.

Presiden Jokowi juga belum mengumumkan nama-nama kandidat yang akan diusulkan untuk menggantikan Hadi Tjahjanto. Walaupun demikian, merujuk pada aturan perundang-undangan, jabatan Panglima TNI dapat diisi secara bergantian oleh perwira tinggi aktif dari tiap-tiap angkatan yang sedang atau pernah menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan. Baca juga: Panglima TNI Apresiasi Profesionalisme Prajurit TNI dan Anggota Polri kepada NKRI

Jika demikian, maka ada tiga kepala staf yang berpeluang diusulkan oleh presiden sebagai kandidat panglima, yaitu Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal TNI Andika Perkasa, Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono, dan Kepala Staf TNI Angkatan Udara Fadjar Prasetyo.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1701 seconds (0.1#10.140)