Diresmikan Kepala Korlantas Polri, Lapangan ISDC Berganti Nama Jadi Sonny Harsono

Sabtu, 23 Oktober 2021 - 00:25 WIB
loading...
Diresmikan Kepala Korlantas Polri,  Lapangan ISDC Berganti Nama Jadi Sonny Harsono
Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono menganti nama Lapangan Indonesia Safety Driving Center (ISDC) menjadi Sonny Harsono di Pusat Pendidikan Lalu Lintas (Pusdik Lantas) Serpong, Tangerang, Banten, Jumat (22/10/2021). Ist
A A A
TANGERANG - Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Istiono meresmikan Lapangan Indonesia Safety Driving Center (ISDC) yang diberi nama Sonny Harsono di Pusat Pendidikan Lalu Lintas (Pusdik Lantas) Serpong, Tangerang, Banten, Jumat (22/10/2021).

Peresmian tersebut ditandai dengan penandatanganan batu prasasti oleh Isitiono dan disaksikan istri dan keluarga Almarhum Brigjen Pol (Purn) Sonny Harsono.

Baca Juga:
Jasa Raharja, Korlantas, dan Kemendagri Luncurkan Inovasi Digitalisasi Road Tax

Istiono mengungkapkan pemberian nama Lapangan Sonny Harsono merupakan sebagai penghormatan Almarhum Brigjen Pol (Purn) Sonny Harsono sebagai apresiasi yang telah memberikan sumbangsih kepada Polri khususnya di bidang lalu lintas.

"Pada kesempatan yang berbahagia ini kita akan memberikan nama ISDC dengan nama Sonny Harsono sebagai penghormatan kepada beliau," ujar Istiono dalam sambutannya.

Jendral bintang dua ini menambahkan semasa hidupnya Sonny Harsono yang menjabat sebagai Direktur Lalu Lintas di era 90-an, telah menciptakan berbagai inovasi di bidang lalu lintas diantaranya menerapkan sistem komputerisasi penerbitan Surat Ijin Mengemudi (SIM) di 11 Kota Provinsi Oktober 1992. Kala itu, sistem tersebut diterapkan untuk meminimalisir penyimpangan dalam pelayanan penertiban SIM.

Baca Juga:
Berbagai Kebahagian di HUT Lantas ke-66, Jenderal Yusuf Salurkan Bantuan ke Warga hingga Pesantren

"Sebagai Direktur Lalu Lintas di era 90-an Brigjen Pol Sonny Harsono telah menerapkan sistem komputerisasi penerapan SIM, sehingga dapat meminimalisir penyimpangan dalam pelayanan penerbitan SIM," tambahnya.

Lebih lanjut, Istiono bercerita sosok Sonny Harsono. Menurutnya, Sonny memiliki pribadi yang baik, mengutamakan pendidikan. Terbukti, lapangan ISDC dibangun tak lepas peran darinya.

"Pada masa beliau menjabat, mulai dikirim para perwira polisi lalu lintas untuk belajar ilmu lalu lintas ke negeri Belanda, dan sekarang para perwira tersebut memberikan inspirasi bagi pengembangan institusi polisi lalu lintas," ungkap Istiono.

Baca Juga:
Asah Skill Berkendara, FORWOT Gelar Safety Riding Training

Dia menjelaskan ISDC merupakan wadah dalam meningkatkan kualitas instruktur pengemudi yang dilakukan oleh Polri, dalam hal bidang lalu lintas. ISDC juga memberikan pemahaman serta pelatihan dalam berkendara untuk mewujudkan Kamseltibcarlantas yang aman dan kondusif.

"Road Safety merupakan amanat PBB untuk meningkatkan kualitas keselamatan, menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan lalu lintas, dan membangun budaya berlalu lintas serta mencanangkan program dekade aksi keselamanatan (Devade of Action)," tutup Istiono.
(ymn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1304 seconds (0.1#10.140)