Instruksi Evaluasi Anak Buah, Komisi III DPR: Tunjukkan Kapolri Tak Main-main

Kamis, 21 Oktober 2021 - 22:18 WIB
loading...
Instruksi Evaluasi Anak Buah, Komisi III DPR: Tunjukkan Kapolri Tak Main-main
Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni. Foto/DPR
A A A
JAKARTA - Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo memberi arahan kepada jajaran Kapolda dan Kapolres untuk tegas terhadap anggota melanggar aturan. Arahan ini muncul seiring dengan berbagai insiden terkait kinerja kepolisian.

Baca Juga: Kapolri
Baca juga: Tegas Terhadap Anggota yang Melanggar, Politikus PKB Apresiasi Kapolri

"Arahan yang disampaikan Pak Kapolri kemarin menunjukkan bahwa beliau benar-benar serius dalam menanggapi berbagai pelanggaran aturan yang dilakukan oleh oknum polisi di bawahnya. Beliau tegas, cepat, dan tidak main-main dalam memastikan polisi bertugas sesuai koridor," kata Sahroni, Kamis (21/10/2021).

Sahroni yakin, ketegasan ini tidak hanya pemanis bibir, terbukti bahwa Kapolri juga dengan tegas meminta Propam Polri menggandeng Komnas HAM untuk menindak tegas seluruh anggotanya yang melanggar.

"Dari awal saya memang sudah yakin bahwa Kapolri kita tidak akan tinggal diam ketika ada anggotanya yang melakukan pelanggaran apalagi hingga melakukan kekerasan yang melanggar HAM," ujarnya.

"Begitu ada masalah yang meresahkan masyarakat, Kapolri langsung mengeluarkan instruksi tegasnya, dan ini membantah semua tuduhan yang menyebut bahwa kepolisian kita antikritik karena kenyataannya Pak Kapolri mendengar dan langsung melakukan aksi tegas," papar politikus Partai Nasdem ini.

Namun demikian dia mengingatkan, agar perlu dilakukan evaluasi atas kinerja polisi di bawah, sehingga Kapolri tidak melulu pasang badan atas kekacauan yang terjadi dilakukan anak buahnya.

"Selain itu untuk jajaran polisi di bawahnya, mereka perlu juga evaluasi kinerja, jangan setiap hari Kapolri yang pasang badan," pungkas legislator asal DKI Jakarta ini.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0941 seconds (0.1#10.140)