Kemenkes Sebut Pemberian Booster Vaksin Covid-19 Paling Cepat Maret 2022

Selasa, 19 Oktober 2021 - 15:16 WIB
loading...
Kemenkes Sebut Pemberian Booster Vaksin Covid-19 Paling Cepat Maret 2022
Petugas medis memberikan suntikan immune booster kepada sejumlah jurnalis dalam kegiatan sosial di Lot 28 Coffe Semarang, Jawa Tengah, Rabu (17/6/2020). FOTO/DOK.SINDOnews/AHMAD ANTONI
A A A
JAKARTA - Pemerintah sedang mempertimbangkan pemberian vaksin dosis ketiga atau booster kepada masyarakat umum. Vaksin ketiga diberikan lantaran hingga saat ini virus corona (Covid-19) terus bermutasi, sementara efikasi vaksin belum ada yang mencapai 100%.

"Pemerintah sendiri sebenarnya telah memikirkan ya terkait hal ini," kata Juru Bicara Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi dalam konferensi pers secara virtual, Selasa (19/10/2021).

Nadia menjelaskan pertimbangan pemberian booster vaksin Covid-19 adalah pertama dari penelitian bahwa kemungkinan efikasi vaksin akan menurun setelah 6 bulan disuntikkan.Kedua, adanya varian virus yang lebih kebal terhadap vaksin.

Baca juga: Ratusan Petugas PMI Kota Tangerang Disuntik Vaksin Dosis Ketiga

"Walaupun saat ini proteksi yang kita gunakan sekarang ini masih cukup itu memberikan proteksi pada individu ya atau kemudian memberikan proteksi secara kelompok atau komunitas," katanya.

Nadia juga menegaskan bahwa pemerintah sedang mempersiapkan skenario pemberian vaksin booster ini. Pemberian booster vaksin akan dilakukan setelah sasaran vaksinasi dosis 1 dan 2 terpenuhi.

"Tetapi baru akan kita mulai kalau vaksinasi dosis pertama dan dosis kedua untuk seluruh sasaran yang minimal 70% masyarakat kita itu sudah terpenuhi," katanya.

Baca juga: Demi Menambah Benteng Pertahanan, Nakes Perlu Diberi Vaksin Dosis Ketiga

"Jadi artinya vaksinasi pertambahan dosis ketiga ini paling cepat akan kita langsung mulai di 2022 atau mungkin setelah Maret 2022," kata Nadia.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6169 seconds (0.1#10.140)