Pendaki U-Forty Berharap Hutan Kota Pekanbaru Jadi Tempat Wisata Edukasi

Senin, 18 Oktober 2021 - 16:09 WIB
loading...
Pendaki U-Forty Berharap Hutan Kota Pekanbaru Jadi Tempat Wisata Edukasi
Para pendaki gunung di atas 40 tahun yang tergabung dalam U-Forty Korwil Riau mengikuti acara U-Forty Camp, di Hutan Kota Pekanbaru Riau. Foto/istimewa
A A A
PEKANBARU - Komunitas pendaki gunung di atas 40 tahun yang tergabung dalam U-Forty, berharap hutan kota di Pekanbaru , Provinsi Riau ,dijadikan tempat wisata edukasi. Dalam waktu dekat mereka akan mengidentifikasi flora dan fauna yang ada di hutan kota.

baca juga: Uji Nyali Bersepeda di Puncak Merapi Gunung Dempo Pagaralam

“U-Forty Riau bersedia mengkoordinir para penggiat alam bebas di Riau khususnya Pekanbaru untuk membantu pengelola hutan kota, dan menjadikan hutan kota Pekanbaru menjadi lebih baik lagi,” kata Ketua U-Forty Korwil Riau, Pahrurrozi dalam kegiatan U-Forty Camp, di hutan kota Pekanbaru, Minggu (17/10/2021).

Gayung bersambut, Kepala Dinas LHK Riau yang diwakili Febrian Swanda menyambut baik gagasan yang dilontarkan U-Forty. “Apalagi ini untuk kelestarian hutan kota. Silakan disampaikan kepada kepala dinas atau pihak terkait lainnya tentang rencana ke depan yang hendak dilakukan U-Forty dan rekan-rekan semua, kami dukung penuh,'' ungkap Febrian.

baca juga: Jenderal Polisi Ini Punguti Sampah di Gunung Dempo

Patut diakui, U-Forty Camp membuat susana hutan kota berubah ketika itu. Puluhan tenda dan hammock memenuhi bagian tengah hutan kota tersebut. Panggung megah dengan lampu warna-warni membuat suasana selama pelaksanaan semakin meriah. Meski hujan sempat mengguyur, tapi tak mengubah suasana keceriaan sedikitpun.

baca juga: Pemandu Pendakian Sebut 100 Orang Terjangkit Covid-19 di Gunung Everest

Puluhan komunitas terlihat antusias mengikuti kegiatan U-Forty Camp bertema 'Bersama Hijaukan Riau', yang dilaksanakan dalam rangkaian ulang tahun U-Forty Korwil Riau yang ke-1. Puluhan komunitas tersebut yakni,SHAKE Adventure, Srikandi Pendaki Gunung Indonesia (SPGI), Komunitas Seni Rumah Sunting, Jungle Ghost, Indonesia Adventure Trade Travel Association (IATTA), Pekanbaru 4WD Adventure, Komunitas Pegiat Konservasi Riau (KPKR), Kemari, Sepatu, Laznas, dan Association Rent Outdoor Equipment Riau (Ascender) tempat berkumpulnya 12 organisasi perentalan alat-alat outdoor.

baca juga: Hari Ini, Jalur Pendakian ke Puncak Gunung Penanggungan Dibuka

Selain komunitas ini, U-Forty Camp juga diikuti peserta secara individual, bahkan ada yang dari luar Pekanbaru dan Riau, seperti Dumai dan Sumbar.Kegiatan ini terlaksana berkat dukungan PT Pertamina Hulu Rokan, PT BSP dan Dinas LHK Riau.

Pahrurrozi mengatakan, U-Forty Camp memang dilaksanakan untuk menjalin silaturahmi dengan berbagai komunitas sekaligus juga melakukan bakti lingkungan dan bakti sosial, di antaranya penanaman pohon, aksi bersih, panggung seni, penyerahan sembako dan sharing community.

baca juga: Ratusan Anggota SAR Dikerahkan Cari Pendaki Sleman yang Hilang di Lereng Merapi

Sabtu malam (17/10/2021), suasana kemping dimeriahkan dengan pertunjukan musik oleh Bie Kibo, Imam Prast dan Wawa. Dilanjutkan dengan pembacaan puisi, tari dan monolog oleh talent Komunitas Seni Rumah Sunting serta sharing community. Pada sesi terakhir, U-Forty mengajak seluruh peserta memberikan saran dan masukan untuk wajah hutan kota Pekanbarun ke depannya.

Minggu pagi, merupakan puncak perayaan hari lahir U-Forty. Selain pemotongan tumpeng, juga dilaksanakan penyerahan 60 paket sembako untuk 60 petugas kebersihandan penjaga hutan kota tersebut.
(ymn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1580 seconds (0.1#10.140)