HUT ke-74, KSAU Yakin Paskhas Setara Pasukan Elite Dunia

Senin, 18 Oktober 2021 - 15:21 WIB
loading...
HUT ke-74, KSAU Yakin Paskhas Setara Pasukan Elite Dunia
KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, optimistis Korpaskhas TNI AU menjadi pasukan yang setara dengan pasukan elite lainnya di dunia. Foto/Dispenau
A A A
JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU), Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, optimistis Korp Pasukan Khas (Korpaskhas) TNI Angkatan Udara (AU) dapat menjadi pasukan elite yang setara dengan pasukan elite lainnya di dunia.

Hal ini diungkapkan Fadjar saat memimpin peringatan hari jadi ke-74 Korpaskhas melalui video konferensi dari Mabesau, Cilangkap, Jakarta Timur. “Telah menjadi impian saya sejak dahulu, untuk memajukan Korps Baret Jingga, agar pasukan kebanggaan TNI Angkatan Udara ini, dapat berada pada posisi yang setara dengan pasukan elite lainnya di dunia,” ungkapnya, Senin (18/10/2021).

Dalam upaya mewujudkan hal tersebut, kata Fadjar, pihaknya telah melaksanakan modernisasi alutsista Korpaskhas. Sementara dalam bidang organisasi, Korpaskhas juga akan diperkuat dengan tiga satuan baru, yakni Detasemen Pertahanan Udara yang ditempatkan di Pekanbaru, Madiun dan Natuna. ”Ketiga satuan ini akan segera diresmikan pengoperasiannya dalam waktu dekat,” katanya.

Fadjar juga bertekad memprioritaskan peningkatan profesionalisme dan kesejahteraan prajurit Korpaskhas. “Selaku pimpinan, sekaligus warga kehormatan Korpaskhas, saya optimistis dengan komitmen yang kuat dan kegigihan kita semua, insyaallah impian ini dapat terwujud,” kata Fadjar.

Pada acara peringatan hari jadi ke-74 Korpaskhas tahun ini, Fadjar juga menyampaikan apresiasi dan ungkapan rasa bangganya atas segala pengabdian Korpaskhas yang telah dijalani selama lebih dari tujuh dekade, dalam menjaga tetap tegaknya kedaulatan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

”Terima kasih kepada para pendahulu, para pelopor dan senior Korpaskhas atas segala dedikasi yang penuh ketulusan kepada bangsa dan negara. Kami bertekad melanjutkan perjuangan para pendahulu, melalui pembangunan dan peningkatan kemampuan Korpaskhas,” paparnya.

Di sisi lain, Fadjar juga berpesan agar Korpaskhas harus mampu beradaptasi dan bertransformasi sesuai perkembangan zaman serta terus meningkatkan profesionalisme kemampuan secara berimbang, sehingga modal utama menghadapi perang modern yaitu, kemampuan taktis dan intelektualitas dapat terus diasah.

Acara peringatan hari jadi ke-74 Korpaskhas ini, diselenggarakan secara sedehana dan diikuti oleh seluruh prajurit Korpaskhas. Termasuk Dankorpaskhas Marsekal Muda TNI Eris Widodo Y dari Lobi Makorpaskhas.

Sementara prajurit Makorpaskhas lainnya mengikuti secara virtual dari lapangan Apel Denma dan lapangan Jingga Makorpaskhas, Bandung. Sedangkan seluruh satuan jajaran Korpaskhas lainnya di lapangan upacara masing-masing dengan tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19 yang telah ditetapkan pemerintah.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1374 seconds (0.1#10.140)