Wapres Ajak Tokoh Masyarakat Bahas Kemajuan dan Kesejahteraan Papua

Minggu, 17 Oktober 2021 - 02:30 WIB
loading...
Wapres Ajak Tokoh Masyarakat Bahas Kemajuan dan Kesejahteraan Papua
Wapres KH Maruf Amin melakukan dialog dengan tokoh masyarakat dan jajaran pemerintah provinsi, kabupaten dan kota di Papua usai menutup secara resmi PON XX 2021. FOTO/SETWAPRES
A A A
JAKARTA - Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin melakukan dialog dengan tokoh masyarakat dan jajaran pemerintah provinsi, kabupaten dan kota di Papua usai menutup secara resmi PON XX 2021.

Ada dua agenda penting yang dibahas. Pertama, mengenai Inpres Nomor 9 Tahun 2020 tentang Percepatan Pembangunan Kesejahteraan di Provinsi Papua dan Papua Barat. Kedua, mengenai percepatan penanggulangan kemiskinan ekstrem, di mana Papua termasuk dalam 7 provinsi prioritas.

Wapres menilai dari dua agenda penting ini, seluruhnya akan berjalan dengan baik apabila mendapatkan dukungan dari tokoh masyarakat sehingga nantinya dapat saling memberi masukan untuk menyejahterakan Papua.

Baca juga: Gubernur Khofifah Siapkan Bonus bagi Peraih Medali PON XX Papua 2021, Kapan Cair?

"Saya harapkan rencana percepatan pembangunan kesejahteraan Papua ini memperoleh dukungan secara penuh, terutama oleh para tokoh masyarakat supaya percepatannya bisa tercapai," kata Ma'ruf Amin saat memimpin rapat koordinasi dan diskusi yang diselenggarakan di Kantor Gubernur Provinsi Papua seperti dikutip dari keterangan resminya, Sabtu (16/10/21).

Ma'ruf Amin menyampaikan 5 kerangka kebijakan yang digunakan sebagai strategi percepatan pembangunan kesejahteraan. Di antaranya pembangunan SDM unggul; transformasi dan pembangunan ekonomi; pembangunan infrastruktur; pelestarian kualitas lingkungan; dan tata kelola pemerintahan. Ke depan, kelima kerangka tersebut diharapkan dapat memberikan perubahan nyata yang hasil dan manfaatnya dirasakan khususnya bagi Orang Asli Papua (OAP).

Dia pun menguraikan beberapa upaya pemerintah dalam pembangunan kesejahteraan daerah yang telah disusun dalam program quick win.

"Adanya program quick win, program percepatan tahun 2021-2022 yang hasilnya diharapkan dirasakan oleh masyarakat. Salah satunya yaitu pembangunan Papua Youth Creative Hub yang kemarin sudah diresmikan oleh Presiden," kata Wapres.

Baca juga: Kunjungi GKI Papua, Wapres Imbau Masyarakat Antisipasi Penularan Covid-19

Sementara, terkait dengan kemiskinan ekstrem, Wapres menuturkan pentingnya program percepatan untuk menanggulangi hal ini. Sebab, penanggulangan kemiskinan ekstrem merupakan salah satu target tercapainya kesejahteraan daerah. "Tidak ada lagi rakyat miskin itu, tapi itu saya kira bukan masalah yang mudah. Yang ekstrem ini kita hilangkan dulu," kata Ma'ruf Amin.

Karena itu, Wapres meminta kepada gubernur dan seluruh bupati wilayah prioritas di Papua untuk dapat bekerja keras dalam merancang anggaran dan program yang tepat sasaran sesuai karakteristik di masing-masing wilayah.

"Gubernur dan para bupati agar juga memperkuat perencanaan dan penganggaran program pengurangan kemiskinan ekstrem dalam APBD masing-masing, khususnya yang sesuai dengan karakteristik miskin ekstrem di wilayah masing-masing," kata Ma'ruf.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1486 seconds (0.1#10.140)