Semangat Sehat dan Kreatif Seorang Guru di Kalimantan

Rabu, 13 Oktober 2021 - 08:57 WIB
loading...
Semangat Sehat dan Kreatif Seorang Guru di Kalimantan
Seluruh pemenang Kontes kreativitas Pembelajaran Guru Online 2021 berfoto bersama GM Corporate Communication AHM, Ahmad Muhibbuddin (kiri atas) dan Manager Satu Hati Education Program, Gunardi (kanan atas).
A A A
SAMARINDA - Di masa pandemi, kesehatan menjadi hal yang semakin berharga, termasuk bagi pengajar. Semangat sehat dan kreatif mengajarYosrin Tamangkoa, guru otomotifteknik sepeda motorSMKN 16 Samarinda mengantarkannya mendulang prestasi membanggakan.

Demi kesehatan, nafas Yosrin sesekali tersengal karena suara lantang saat mengajar harus rela dibekap masker. Belum lagi gawai dengan spesifikasi minim dan koneksi internet yang seadanya. Bagi Yosrin, semua kendala itu seolah sirna saat semangat mendidik lebih besar dari sekedar rasa tanggung jawab mencerdaskan anak bangsa.

Saat melakukan rutinitas mengajar, Yosrin mendapat kabar dibukanya kontes yang bisa semakin mengasah kemampuan mengajarnya, yaitu Kontes Kreativitas Pembelajaran Guru Online 2021 yang diadakan PT Astra Honda Motor (AHM). Bak gayung bersambut, Yosrin yang selama ini tak pernah hilang akal untuk membuat suasana kelasnya selalu hidup, berkeinginan membuat proses belajar mengajar semakin menarik walaupun hanya melalui layar laptop. Baginya, kontes ini menjadi tolak ukur dalam mengajar di masa pandemi.

Yosrin pun melakukan persiapan untuk ikut kontes mengajar online. Mempelajari referensi video public speaking, berbicara depan kaca, serta mendalami hal-hal teknis sepeda motor ia lakukan untuk menambah rasa percaya diri. Di pertengahan bulan Juli, proses seleksi regional dimulai. Antusias Yosrin dalam mengajar seakan tercerahkan. Bersyukur, Yosrin lolos untuk seleksi nasional mewakilkan Kota Samarinda.

Dalam masa persiapan menuju kontes nasional, suratan takdir berkata lain. Pada 6 Agustus 2021, Yosrin sekeluarga terpapar virus Covid-19. Ia pun fokus untuk melakukan pemulihan. Berselang 14 hari melakukan karantina, tes menyatakan Yosrin negatif Covid-19.

Semangatnya tak terbendung, hanya sehari setelah hasil tes Covid-19 keluar, dirinya langsung kembali melakukan persiapan seleksi nasional. Dibantu dengan kedua anak tertuanya, ia membuat video ajar yang memang menjadi syarat dalam mengikuti seleksi nasional Kontes Kreativitas Guru Pembelajaran Online.
Semangat Sehat dan Kreatif Seorang Guru di Kalimantan

Yosrin Tamangkoa, guru SMKN 16 Samarinda melakukan praktek mengajar online.

Hari seleksi nasional tiba, ia sadar bahwa dirinya baru saja sembuh. Namun, semangatnya dalam mendidik seolah mengalahkan semua ujian yang ia lalui. Dukungan dari rekan sesama guru maupun murid-muridnya selalu berdatangan. Hal ini menjadi energi yang membuatnya semakin optimis. Semangat dan dedikasi tinggi ini akhirnya mengantarkan Yosrin berhasil meraih juara ketiga Kontes Kreativitas Guru Pembelajaran Online AHM.

“Jujur saya masih tidak menyangka dengan pencapaian ini. Saya sangat bersyukur mendapatkan apresiasi ini, apalagi jika mengingat hal yang saya lalui jelang seleksi nasional. Keluarga serta semangat dari rekan-rekan guru dan murid telah menjadi motivasi besar untuk saya. Perjalanan mengikuti kontes ini tidak hanya meningkatkan semangat dalam mendidik, namun juga menjadi pelajaran hidup yang berharga,” kata Yosrin.

Bersaing dengan Ribuan Guru
Perjuangan Yosrin memang tidak mudah karena Kontes Kreativitas Pembelajaran Guru Online diadakan AHM diikuti ribuan guru. Ajang kreasi guru SMK dalam mengajar ini bertujuan memberikan inspirasi dalam mengelola materi ajar yang menarik dan efektif bagi siswa sehingga menghasilkan pendidikan vokasi yang berkualitas.

“Kamiberharap ajang ini dapat menjadi inspirasi bagi guru-guru yang lain dalam melakukan proses belajar mengajar yang efektif di masa pandemi.Kami ingin terlibat langsung menjaga semangat belajar di dunia vokasi dengan kompetisi ini.”ujar GM Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1027 seconds (0.1#10.140)