Kejar Target Dai Kompeten, MUI Kembali Gelar Standardisasi Penceramah

Senin, 11 Oktober 2021 - 16:36 WIB
loading...
Kejar Target Dai Kompeten, MUI Kembali Gelar Standardisasi Penceramah
Ketua Komisi Dakwah MUI KH. Zubaidi mengatakan, MUI kembali menggelar standardisasi dai. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Komisi Dakwah Majelis Ulama Indonesia (MUI) melanjutkan standardisasi penceramah. Langkah ini diambil guna memenuhi target 300 dai yang terstandardisasi pada tahun ini.

Ketua Komisi Dakwah MUI KH. Zubaidi mengatakan, belakangan terdapat kegamangan dari penyelenggara dakwah baik formal maupun informal dalam mencari dai. Kegamangan yang dimaksudnya terletak pada kekhawatiran dai yang dipilih tak memiliki kompetensi yang diharapkan.

Oleh karena itu, guna menjawab kegamangan umat, MUI menyelenggarakan kegiatan standardisasi dai. Adapun tujuannya, menyatukan persepsi para dai dan para dai hasil kegiatan akan tertempa kompetensinya sebagai pendakwah.Baca juga: MUI Sudah Lakukan Standardisasi Dai, Ini Buktinya

"MUI mengharapkan para dai bisa menyampaikan konten-konten yang benar sesuai dengan syariat Islam, dan tidak melanggar koridor kebangsaan kita,” ujar Zubaidi saat menggelar standardisasi dai MUI angkatan ke-5 di Aula Buya Hamka Gedung MUI Pusat, Jakarta, Senin (11/10/2021).Baca juga: MUI Akan Sertifikasi Seluruh Dai di Indonesia

Zubaidi menambahkan, di samping standar kemampuan dai, kegiatan tersebut dilakukan sebagai sarana silaturahmi sesama dai antar wilayah. Bahkan, kata Zubaidi, dengan kegiatan ini, tidak akan ada persepsi masyarakat yang menganggap komunikasi antar dai dengan latar belakang ormas yang berbeda tidak terjalin baik. Tak hanya itu, persepsi masyarakat ihwal para dai terbelah akan memudar.

"Diharapkan dengan standardisasi ini komunikasi dan silaturahim antar dai dari berbagai ormas Islam berjalan dengan baik. Sehingga dakwah dapat berjalan efektif dan tujuan dakwah dapat terealisasi,” tuturnya.
(cip)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3839 seconds (11.252#12.26)