Heldy Djafar, Istri Terakhir Bung Karno Meninggal Dunia

Senin, 11 Oktober 2021 - 14:34 WIB
loading...
Heldy Djafar, Istri Terakhir Bung Karno Meninggal Dunia
Foto Heldy Djafar dan Presiden Soekarno. Heldy Djafar meninggal dunia di RSCM Jakarta, Minggu (10/10/2021) pukul 22.00 WIB. FOTO/DOK.OKEZONE/IST
A A A
JAKARTA - Kabar duka datang dari Heldy Djafar binti Jafar. Istri ke-9 Presiden Soekarno tersebut meninggal dunia di Rumah Sakit Cipta Mangun Kusumo (RSCM) Jakarta, Minggu (10/10/2021) pukul 22.00 WIB.

Kabar ini dibenarkan oleh keponakan almarhumah, Akhmad Salbani. "Benar (meninggal dunia), benar tadi malam jam 10 waktu Jakarta," kata Salbani saat dihubungi, Senin (11/10/2021).

Salbani menceritakan, almarhumah yang disebut-sebut sebagai cinta terakhir Bung Karno ini mengembuskan napas terkahirnya di RSCM. "Meninggalnya di RSCM, RS Cipto Mangun Kusumo," terangnya.

Baca juga: Posting 4 Tokoh Penting, Fadli Zon: Pendiri Republik Ini Bukan Soekarno Saja

Salbani sendiri merupakan anak dari saudara sepupu Heldy Djafar, yang tinggal di Kalimantan Timur (Kaltim). "Ya, saya keponakan ibu, ibu saya masih sepupu dengan almarhumah," katanya.

Dalam sebuah pesan yang beredar, rumah duka beralamat di The Savia, Cluster Visana Blok L6 No 7 BSD City, Serpong, Tangsel, Banten.

"Mohon dimaafkan segala kesalahannya. Semoga amal-ibadahnya diterima oleh Allah Swt. Aamiin YRA," tulis pesan tersebut.

Untuk diketahui, Heldy Djafar merupakan putri bungsu pasangan H Djafar dan Hj Hamiah. Perempuan kelahiran Tenggarong, Kalimatan Timur, 11 Juni 1947 tersebut menikah dengan Soekarno pada 1966. Kala itu Soekarno berusia 65 tahun sementara Heldy Djafar berusia 18 tahun. Sebagai saksi pernikahan adalah Ketua DPA Idham Chalid dan Menteri Agama Saifuddin Zuhri.

Baca juga: Penjelasan PDIP Soal Gatot Pertanyakan Banyak Patung Soekarno tapi Patung Soeharto Hilang

Pernikahan keduanya hanya bertahan dua tahun. Komunikasi tak berjalan lancar setelah Soekarno menjadi tahanan di Wisma Yaso, Jalan Gatot Subroto. Heldy sempat mengucap ingin berpisah, tetapi Soekarno bertahan. Soekarno hanya ingin dipisahkan oleh maut.

Akhirnya, pada 19 Juni 1968, Heldy yang berusia 21 tahun menikah lagi dengan Gusti Suriansyah Noor, keturunan dari Kerajaan Banjar. Kala itu Heldy yang sedang hamil tua mendapat kabar Soekarno wafat. Soekarno tutup usia pada 21 Juni 1970, dalam usia 69 tahun.

Satu dari enam orang anak Heldy Djafar, Maya Firanti Noor, menikah dengan Ari Sigit, cucu Presiden RI Soeharto.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1959 seconds (0.1#10.140)