Jelang Akhir Tahun, Ketua MPR Minta Pemerintah Kejar Target Herd Immunity

Jum'at, 08 Oktober 2021 - 16:55 WIB
loading...
Jelang Akhir Tahun, Ketua MPR Minta Pemerintah Kejar Target Herd Immunity
Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo meminta pemerintah mengejar target herd immunity hingga akhir 2021. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menjelang akhir 2021, target vaksinasi nasional 70% penduduk Indonesia untuk mencapai herd immunity (kekebalan kelompok) dari Covid-19 belum tercapai. Meski begitu, Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo meminta pemerintah tetap optimistis.

Ia mengingatkan agar pemerintah terus berupaya untuk mempercepat dan meningkatkan cakupan vaksinasi Covid-19 secara nasional menjadi 2,5 juta vaksinasi per hari.

"Meminta pemerintah untuk tetap optimis akan capaian kekebalan kelompok masyarakat sebesar 70% akan segera tercapai. Untuk itu, pemerintah harus terus berupaya untuk mempercepat dan meningkatkan cakupan vaksinasi Covid-19 secara nasional menjadi 2,5 juta vaksinasi per hari," kata Bamsoet dalam keterangannya sebagaimana dikutip MPI, Jumat (8/10/2021).

Baca juga: Covid-19 Indonesia Masuki Transisi Pandemi ke Endemi, Pakar Kesehatan: Herd Immunity Belum Bisa Dipastikan!

Menurut Bamsoet, perlu adanya kerja sama pemerintah bersama TNI dan Polri guna mempercepat vaksinasi di daerah, khususnya daerah yang masih rendah capaiannya. Selain itu, pelibatan TNI-Polri juga dianggap dapat mengatasi hambatan dalam mencapai program vaksinasi nasional.

"Meminta pemerintah bersama dengan TNI-Polri agar dapat meningkatkan sinergi dalam pelaksanaan percepatan vaksinasi di daerah, khususnya daerah yang masih rendah capaian vaksinasinya," katanya.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini menyarankan agar pemerintah memperluas sentra vaksinasi atau pun jemput bola. Hal ini diperlukan guna mencapai target yang diharapkan pemerintah, yakni mencapai 70% kekebalan kelompok di masyarakat.

Baca juga: Jokowi Ingin Pamer Kemampuan Indonesia Tangani Covid-19 di KTT G20

Mantan Ketua DPR ini juga meminta agar semua pemerintah daerah (pemda) mendukung program vaksinasi pemerintah pusat dengan terus melakukan pendataan menyeluruh terkait capaian vaksinasi Covid-19.

"Meminta komitmen pemerintah daerah untuk mendukung program vaksinasi dari pemerintah pusat, di samping terus melakukan pendataan menyeluruh terkait capaian vaksinasi Covid-19 di seluruh daerah, sehingga daerah yang masih minim capaiannya dapat diprioritaskan," kata Bamsoet.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2443 seconds (0.1#10.140)