Mahfud MD Ungkap Pesan Penting Jokowi ke Prabowo Soal Alutsista, Ini Isinya

Selasa, 05 Oktober 2021 - 18:13 WIB
loading...
Mahfud MD Ungkap Pesan Penting Jokowi ke Prabowo Soal Alutsista, Ini Isinya
Menko Polhukam Mahfud MD mengungkapkan Presiden Jokowi meminta Menhan Prabowo Subianto mencari alutsista yang lebih bagus. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menko Polhukam Mahfud MD mengungkapkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto untuk mencari Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista) yang lebih bagus.

Hal itu dikatakan Mahfud seusai meninjau pameran alutsista bersama Presiden Jokowi, Wakil Presiden (Wapres) KH. Maruf Amin, Menhan Prabowo Subianto, dan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dalam rangkaian acara HUT ke-76 TNI yang jatuh pada hari ini Selasa (5/10/2021).

"Alutsistanya cukup bagus, meskipun belum sebagus negara maju lain. Tapi saya bersama Presiden tadi melihat alutsista bersama Menhan, Panglima TNI dan Kepala Staf Angkatan, serta Kapolri ya cukup bagus," kata Mahfud. Baca juga: Meriahkan HUT ke-76 TNI, 24 Pesawat dan Helikopter Demo Udara di Istana Merdeka

Saat meninjau, kata Mahfud, Presiden Jokowi sempat berpesan kepada Menhan Prabowo untuk cari alutsista yang lebih bagus lagi. Menurut Mahfud, Prabowo mengaku siap atas permintaan yang dilayangkan oleh Jokowi. "Presiden mengatakan cari yang lebih bagus lagi. Menhan bilang siap nanti kira-kira dua tahun yang akan datang Insya Allah bisa sejajar dengan negara maju" ujarnya. Baca juga: Jokowi: Dirgahayu TNI, Bersatu, Berjuang, Kita Pasti Menang

Dia menjelaskan, saat ini TNI jauh lebih profesional baik itu dari segi kemodernan alutsista yang dimiliki maupun kemampuan pengetahuan yang kian komprehensif. "Kalau dulu 76 tahun lalu pakai bambu runcing sehingga ada lagu bambu runcing itu kan menggambarkan TNI di zaman dulu. Sekarang ini sudah hebat-hebat, ada atraksi udaranya juga luar biasa," ungkapnya.

Sebelumnya diberitakan, Presiden Jokowi meninjau pameran alutsista di depan Istana Merdeka. Jokowi menyebut ini bentuk transparansi pemerintah kepada masyarakat terkait penggunaan anggaran negara. "Kita harapkan publik, masyarakat bisa tahu misalnya kita telah memiliki Astros sebanyak 56, misalnya. Ini roketnya bisa meluncur jarak 39 Km. Dan yang lain-lainnya nanti ditanyakan ke Panglima TNI, KSAD, KSAL, KSAU," paparnya.

Jokowi menyebut alutsista yang dipamerkan termasuk dalam pembelian baru. "Inilah yang kita miliki. Dan ini adalah pembelian-pembelian baru. Misalnya kalau yang Astros tahun berapa? Ini baru aja di 2014 kita membeli ini. Jadi keliatan sekali barangnya masih barang baru semuanya," ujar Jokowi.
(cip)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1708 seconds (11.252#12.26)