Daerah Ditarget Capai 70% Vaksinasi Covid-19 Bulan Ini

Selasa, 05 Oktober 2021 - 14:04 WIB
loading...
Daerah Ditarget Capai 70% Vaksinasi Covid-19 Bulan Ini
Pemerintah menargetkan vaksinasi Covid-19 tiap daerah minimal 70% dari total penduduk pada Oktober. Foto/Dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pemerintah menargetkan vaksinasi Covid-19 tiap daerah minimal 70% dari total penduduk pada Oktober. Hal ini dilakukan agar kekebalan komunal atau herd immunity bisa segera tercapai.

"Untuk pencapaian target vaksinasi tiap daerah mengejar minimal 70% dari penduduk. Cara yang dilakukan ialah melakukan edukasi secara berkelanjutan dan memperbanyak titik vaksinasi," kata Juru Bicara Pemerintah Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito, Selasa (5/10/2021).

Sementara itu, Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan dr Siti Nadia Tarmizi mengatakan pemerintah menargetkan dalam sehari vaksinasi bisa mencapai 2 juta hingga 2,3 juta orang pada bulan ini. Sedangkan DPR mendorong pemerintah daerah (Pemda) untuk fokus pada kegiatan vaksinasi dalam rangka penanganan Pandemi Covid-19.

"Dalam rangka untuk meminimalisir Pandemi Covid-19, upaya-upaya yang telah dilakukan pemerintah adalah untuk sosialisasikan dan melaksanakan vaksin . Vaksin itu kan gunanya untuk mengantisipasi," kata Anggota Komisi II DPR RI Guspardi Gaus secara terpisah.

Politikus PAN ini mengingatkan bahwa vaksin bukanlah obat, melainkan untuk mencapai herd immunity. "Harusnya fokus Pemda atau kepala daerah itu melaksanakan vaksinasi ini supaya warga terhindar dari Covid-19," ujar Guspardi Gaus.

Dia menuturkan, pemerintah pusat sudah mendistribusikan vaksin ke tiap daerah sesuai kebutuhan masing-masing. "Supaya dilakukan vaksinasi kepada masyarakat," katanya.



Dia menilai sinergisme diperlukan agar target harian vaksinasi Covid-19 itu bisa tercapai. Dia juga mengingatkan bahwa vaksinasi itu bukan hanya menjadi tanggungjawab pemerintah.

Semua pihak seperti tokoh masyarakat, ulama, LSM, dan semua elemen masyarakat dinilai juga perlu berperan aktif mengajak masyarakat untuk ikut vaksinasi. Semuanya perlu bersatu memunculkan kesadaran masyarakat untuk ikut vaksinasi.

Kemudian, manfaat vaksin Covid-19 juga perlu disampaikan ke masyarakat. Hoaks terkait vaksin dan Covid-19 perlu dilawan agar masyarakat bisa memahami manfaat vaksinasi itu.

"Intinya supaya semua masyarakat bisa divaksin, kita tentu berharap Pandemi Covid-19 makin landai, mudah-mudahan cepat berlalu. Sehingga masyarakat bisa beraktivitas, dan ekonomi juga bergerak," pungkasnya.

Sebelumnya, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan vaksinasi Indonesia saat ini berada di peringkat kelima dunia. Indonesia sudah menyuntikkan 148 juta dosis vaksin Covid-19.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1556 seconds (0.1#10.140)